Kamis, 23 Januari 2020

Smartphone Nokia Ini Diklaim Tahan 2 Hari, Padahal Cuma 4.000 mAh

Baterai irit, harga terjangkau, bonus mereknya Nokia.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Nokia 2.3. (Nokia)
Nokia 2.3. (Nokia)

Hitekno.com - Nokia 2.3, smartphone baru yang diklaim punya daya tahan baterai jagoan. Bahkan smartphone Nokia ini diklaim bisa bertahan sampai dua hari pemakaian.

Di kutip dari GSM Arena, Nokia 2.3 ini baru saja dikenalkan sebagai smartphone baru berbasiskan Android One.

Smartphone Nokia hadir dengan desain yang sangat simpel dan minimalis. Baik di sisi depan maupun belakangnya.

Pada bagian depan, kita menemukan layar 6,2 inci dengan poni mungil di bagian atasnya. Layar smartphone baru ini beresolusi 720p alias HD saja.

Di sisi samping, terdapat tombol yang didedikasikan untuk Google Assistant. Di sisi lainnya terdapat tombol volume dan power.

Pada bagian belakang, smartphone baru ini memakai body dengan 3D nano-textured, alias memiliki tekstur dengan pattern tertentu agar tidak licin.

Lalu ada kamera belakang yang terdiri dari dua sensor. Antara lain, 13 MP f/2.2 + 2 MP depth sensor. Untuk kamera selfie depan memakai 5 MP f/2.4.

Nokia 2.3. (Nokia)
Nokia 2.3. (Nokia)

 

Soal dapur pacu, smartphone Nokia ini mengandalkan chipset MediaTek Helio A22 dipadukan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.

Lalu soal baterai, Nokia 2.3 ini hanya disematkan baterai sebesar 4.000 mAh saja. Tergolong kapasitas baterai standar untuk smartphone masa kini.

Ditambah lagi Nokia hanya memberikan charger biasa 5 watt saja, bukan fast charging. Lalu apa yang membuat baterai bisa tahan lama?

Smartphone Nokia ini diklaim bisa bertahan sampai dua hari pemakaian. Tidak lain berkat chipset MediaTek Helio A22 yang memang hemat daya.

Sebagai gantinya, chipset ini memang mempunyai performa yang biasa saja. Karena itu banyak disematkan untuk smartphone entry-level.

Nokia 2.3. (Nokia)
Nokia 2.3. (Nokia)

 

Kelebihan lain dari Nokia 2.3 ini adalah dimasukkannya dalam program Android One. Sama seperti kebanyakan smartphone Nokia sebelumnya.

Dengan adanya Android One, pengalaman memakai smartphone ini tidak begitu berbeda dengan smartphone Android One lainnya.

Juga dipastikan mendapatkan dukungan lebih dari Google. Termasuk untuk update keamanan hingga sistem operasi nantinya.

Sayangnya smartphone baru Nokia ini masih datang dengan sistem operasi Android 9, bukan Android 10 yang sudah dikenalkan beberapa waktu lalu.

Soal harga, Nokia 2.3 di Eropa dibanderol 109 euro atau sekitar Rp 1,7 jutaan. Dan tersedia dalam pilihan warna Cyan, Green, Sand, dan Charcoal.

Secara keseluruhan smartphone Nokia 2.3 ini menarik di kelas entry-level. Namun itu di Eropa, bagaimana jika nanti dibawa ke Indonesia?

Terkait

Terkini