Sabtu, 25 Januari 2020

GPU Snapdragon 865 dan 765 Bisa Dapat Update Driver, Mirip Desktop!

Smartphone jadi makin mirip PC desktop, bisa update driver!

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Chipset baru Qualcomm Snapdragon 865. (Qualcomm)
Chipset baru Qualcomm Snapdragon 865. (Qualcomm)

Hitekno.com - Qualcomm baru saja mengenalkan Snapdragon 865 dan Snapdragon 765. Banyak hal baru yang dihadirkan ke chipset baru ini.

Soal performa, Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 dipastikan lebih tinggi dari seri sebelumnya. Bukan saja cuma CPU namun juga di GPU.

Terkait GPU, Qualcomm memberikan terobosan baru dalam GPU chipset mobile berbasis ARM. Yaitu menghadirkan kemampuan untuk update driver GPU di chipset baru ini.

Mulai Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 ini, Qualcomm memungkinkan update driver GPU. Hal ini serupa seperti yang sudah ditemukan di desktop.

Untuk GPU desktop, AMD dan Nvidia rajin mengeluarkan update driver GPU bukan cuma untuk alasan perbaikan bug dan keamanan.

Setiap ada game baru yang populer, seringnya AMD dan Nvidia mengeluarkan update driver GPU agar performanya lebih optimal.

Qualcomm pun akan melakukan update driver serupa mulai dari chipset Snapdragon 865 dan Snapdragon 765 ini dan diteruskan generasi berikutnya.

Qualcomm Snapdragon 865. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 865. (Qualcomm)

 

Selama ini di perangkat mobile, seperti smartphone Android, optimasi umumnya harus menunggu dari update sistem operasi.

Padahal Android sendiri memberikan peluang untuk update driver pada komponen hardwarenya. Namun untuk udpate driver GPU, Qualcomm jadi yang pertama.

Sayangnya Qualcomm memberikan update driver ini kepada para parbikan smartphone. Tidak diberikan langsung kepada pengguna smartphone.

Dengan kata lain, update driver GPU ini tergantung dari pabrikan smartphone memberikan atau tidak. Pengguna tinggal berharap pabrikan rajin update driver.

Setidaknya kabar ini membuka peluang terjadinya peningkatan performa GPU pada chipset baru seperti Quualcomm Snapdragon 865 dan Snapdragon 765.

Terkait

Terkini