Sabtu, 14 Desember 2019

Setelah AS, Kini 3 Ponsel Huawei Diblokir Taiwan, Kenapa?

Sebanyak tiga varian smartphone Huawei dilarang beredar di Taiwan.

Dinar Surya Oktarini
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Setelah bermasalah dengan pemerintahan Amerika Serikat, merek smartphone Huawei dilarang beroperasi di Taiwan.

Dilansir dari PhoneArena, Sebanyak tiga varian smartphone Huawei dilarang beredar di Taiwan.

Tiga smartphone tersebut adalah Huawei P30, P30 Pro dan Nova 5T. Ketiga ponsel tersebut tidak hanya dilarang tapi juga tidak diperbolehkan melakukan perubahan pada sistem operasi pada ponsel.

Kebijakan ini dibuat oleh Komisi Nasional (NCC) Taiwan, tetapi hal ini tak ada hubungannya dengan mata-mata seperti yang ditakutkan pemerintahan Amerika Serikat.

Masalah lain yang membuat badan pengawasan Taiwan menandai hubungannya dengan fitur waktu dunia dan halaman kontak pada tiga ponsel Huawei tersebut.

Warna baru Huawei P30 Pro. (Huawei)
Warna baru Huawei P30 Pro. (Huawei)

 

Daftar waktu dunia untuk Taiwan pada tiga handset mengacu pada negara sebagai Taiwan, Cina. Daftar yang sama muncul saat nomor telepon seseorang di Taiwan disimpan di halaman kontak.

Taiwan dikenal sebagai Republik Tiongkok (ROC) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRC) yang dikelola komunis akhirnya bersatu kembali dalam satu kebijaka.

Tetapi Taiwan, Taiwan merupakan negara yang diakui oleh Amerika Serikat sebagai satu-satunya China pada 31 Desember 1978 dan mengancam secara permanen melarang tiga ponsel tersebut.

Dalam sebuah pernyataan, NCC Taiwan mengatakan ''label di ponsel ini tak mencerminkan fakta dan bahkan merusak martabat negara kita''.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2019 lalu, vendor smartphone asal China, Huawei dikejutkan dengan masuknya nama perusahaan ini dalam daftar hitam perdagangan di Amerika Serikat. Dampak besar dari keputusan ini adalah pemutusan kerja sama antara Android dan Huawei.

Berangsur-angsur mengarahkan langkah sebagai smartphone nomor satu di dunia, langkah Huawei harus terhenti akibat keputusan Android untuk meninggalkan Huawei ini.

Terkait

Terkini