Senin, 09 Desember 2019

Cuma di Negara Ini! Telepon via WhatsApp Dilarang

Banyak warga yang memprotes adanya kebijakan ini.

Dinar Surya Oktarini
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/arivera)

Hitekno.com - Aplikasi chatting WhatsApp kini banyak digunakan di berbagai negara, termasuk di Uni Emirat Arab. Namun aplikasi chatting ini hanya bisa digunakan untuk berkirim pesan lho.

Pasalnya, di negara Uni Emirat Arab telepon maupun video melalui WhatsApp dilarang atau diblokir di negara tersebut.

Dilansir dari laman CNBC, alasan tak dibolehkan fitur tersebut tak banyak dijelaskan, namun kabarnya karena layanan voice over internet protocol (VoIP) melanggar regulasi setempat dan terkait isu keamanan.

Tak hanya WhatsApp saja yang tersandung regulasi mengenai fitur telepon tersebut, namun layanan seperti Skype dan Face Time juga dicekal.

Mohamed Al Kuwaiti selaku Exceutive Director National Security Authority UEA menyebutkan kalau negaranya mempererat kerja sama dengan platform teknologi, termasuk WhatsApp di bidang keamanan nasional.

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)

 

Kebijakan yang dilayanngkan pemerintah ini menguntungkan operator lokal karen apenduduk harus menelepon melalui layanan mereka langsung.

Namun kabarnya kebijakan ini akan segera diubah, tapi tak diketahui kapan.

Dengan dibukanya akses telepon melalui WhatsApp akan menguntungkan bagi bisnis setempat serta mempermudah warga lokal.

Pasalnya diakui oleh bos perusahaan manufaktur AI Hatboor, Khalaf Al Hatboor bahwa banyak orang komplain mengenai kebijakan ini, karena banyak yang memakai WhatsApp call atau Skype di manapun di dunia dengan bebeas kecuali di Uni Emirat Arab.

Ia juga memohon kepada pihak operator untuk membuka sistem sehingga banyak orang dapat menikmati fitur telepon dan video call melalui WhatsApp.

Terkait

Terkini