Sabtu, 14 Desember 2019

MediaTek Siap Luncurkan Chipset 5G, Ini Bocorannya

Oppo dan Vivo dikabarkan telah memesan chipset 5G MediaTek ini.

Agung Pratnyawan
Ilustrasi chipset 5G. (MediaTek)
Ilustrasi chipset 5G. (MediaTek)

Hitekno.com - Setelah menghadirkan Helio G90 yang didesain untuk smartphone gaming, MediaTek menyiapkan chipset 5G alias mendukung jaringan 5G.

Bahkan, chipset 5G pertama MediaTek ini sudah rampung sepenuhnya dan tinggal menunggu panggung peluncurannya yang diperkirakan berlangsung pada 26 November 2019 mendatang.

Menurut laporan GSM Arena pada Minggu (10/11/2019), chipset 5G MediaTek ini bakal memiliki nama Helio M70 dan diharapkan sudah bisa dipasarkan pada Q1 2020.

Meskipun belum meluncur, beberapa foto dari chipset 5G MediaTek telah terungkap, namun sayangnya belum ada informasi tentang perangkat keras dan fitur yang dihadirkan dalam chipset smartphone ini.

Salah satu materi yang terungkap dari chipset ini adalah penggunaan kode produk MT6885Z. Konon, chipset memiliki ukuran 7 nm dan ditujukan bagi smartphone kelas wahid.

Oppo dan Vivo adalah dua vendor yang dikabarkan telah memesan MediaTek Helio M70 untuk perangkat teranyar mereka yang bakal dirilis tahun depan.

Chipset ini sendiri diprediksi membawa CPU Cortex-A77 dan GPU Mali-G77 yang mendukung frekuensi sub-6 GHz, mesin pemrosesan AI generasi ketiga, dan dukungan kamera hingga 80 MP dan perekaman video 4K 60 fps.

Ilustrasi MediaTek. [Shutterstock]
Ilustrasi MediaTek. [Shutterstock]

 

Sementara kabar lainnya menyebut bahwa chipset 5G MediaTek ini sedang dalam produksi massal dan harus mulai dikirim ke produsen pada Q1 2020.

Kita tunggu saja, kapan nantinya chipset 5G MediaTek ini akan diluncurkan. Pastinya kehadirannya akan membuat smartphone jaringan 5G lebih terjangkau. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini