Jum'at, 06 Desember 2019

Kamera Xiaomi Mi CC9 Pro Saingi Huawei Mate 30 Pro, Segitu Bagusnya?

Kamera Xiaomi Mi CC9 Pro bisa bersaing dengan smartphone flagship terbaru.

Agung Pratnyawan
Xiaomi Mi CC9 Pro. (Xiaomi)
Xiaomi Mi CC9 Pro. (Xiaomi)

Hitekno.com - Smartphone baru Xiaomi Mi CC9 Pro hadir dengan kamera yang menakjubkan. Bahkan disebut-sebut bisa menyaingi kamera Huawei Mate 30 Pro.

Kamera Huawei Mate 30 Pro sendiri menduduki peringkat teratas hasil pengujian kamera oleh DxOMark. Bahkan unggul di kalangan smartphone flagship lainnya.

Namun muncul Xiaomi Mi CC9 Pro, smartphone baru yang tidak berada di kelas flagship. Hasil pengujian DxOMark pada kamera smartphone ini pun mencengangkan.

Xiaomi Mi CC9 Pro mendapatkan skor setingkat dengan Huawei Mate 30 Pro. DxOMark memberikan nilai total 121 kepada kedua smartphone ini.

Dengan kata lain, kamera Xiaomi Mi CC9 Pro berada di level yang sama dengan smartphone flagship terbaru dari Huawei ini.

Hasil pengujian DxOMark memberikan nilai 130 untuk kategori foto dan 102 untuk video kepada kamera Xiaomi Mi CC9 Pro.

Huawei Mate 30 Pro sendiri mendapatkan nilai 132 untuk foto dan 100 untuk video. Sedangkan Samsung Galaxy Note 10 Plus 5G dapat 117 (126 foto, 101 video).

Kamera smartphone terbaik versi DxOMark. (DxOMark)
Kamera smartphone terbaik versi DxOMark. (DxOMark)

 

Xiaomi Mi CC9 Pro sendiri disematkan kamera 108 MP f/1.7 + 12 MP f/2.0 telephoto + 5 MP f/2.0 telephoto + 20 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP f/2.4 makro.

Smartphone baru Xiaomi ini juga jadi smartphone Android kedua setelah Nokia 9 Pureview dengan lima kamera belakang.

Hasil pengujian DxOMark menyebutkan kalau kamera Xiaomi Mi CC9 Pro punya auto fokus yang cepat dan akurat. Dan menghasilkan foto dengan tekstur detail.

Night shot menghasilkan skin tone yang natural, termasuk dengan pemakaian soft flash. Kamera ultrawide menghasilkan distorsi yang minimum.

Untuk video, kamera ini menghasilkan exposure dan warna yang cukup akurat. Kecepatan dan akurasi auto fokus juga jadi andalan.

Hasil pengujian DxOMark pada kamera Xiaomi Mi CC9 Pro. (DxOMark)
Hasil pengujian DxOMark pada kamera Xiaomi Mi CC9 Pro. (DxOMark)

 

Namun tetap saja ada kekurangan dari kamera Xiaomi Mi CC9 ini. Dari turunnya ketajaman di pinggiran foto dan kadang muncul semburat ungul di langit.

Untuk video, kadang terjadi frame drop ketika merekam. Dan color fringing yang kadang terlihat. Juga kurangnya dynamic range.

Namun soal kualitas foto dan Video, DxOMark memberikan nilai kamera Xiaomi Mi CC9 Pro setara Huawei Mate 30 Pro.

Terkait

Terkini