Sabtu, 15 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Jum'at, 01 November 2019 | 11:45 WIB

Hitekno.com - Pasar smartphone global mulai menunjukkan pertumbuhan yang positif di kuartal ketiga 2019 ini. Dan Samsung dan Huawei masih memimpin pasar.

Menurut laporan terbaru dari Canalys, pasar smartphone global mengalami pertumbuhan hingga 29 persen di kuartal ketiga 2019 ini.

Namun jika dilihat lebih mendalam, pertumbuhan bukan cuma terjadi di China. Karena selama ini, pasar China menjadi penopang terbesar.

Dari laporan perusahaan berbasis Shenzhen, China ini, disebutkan kalau pasar luar China mengalami pertumbuhan dalam penjualan smartphone.

Sepanjang Juli hingga September 2019, produsen smartphone menjual 352,4 juta unit. Angka ini sedikit lebih tinggi dari tahun lalu, 348,9 juta unit.

Meski cuma naik satu persen, namun ini jadi pertanda bagus. Karena jika kembali ke 2017, ketika pasar smartphone global melemah.

Soal siapa pemimpin pasar, Samsung masih mendominasi. Diikuti dengan Huawei, yang dapat menghasilkan pertumbuhan meski mendapatkan himpitan.

Pertumbuhan pasar smartphone global kuartal tiga 2019. (Canalys)

 

Samsung mengalami pertumbuhan 11 persen dengan menjual 78,9 juta unit. Dengan angka ini, Samsung menguasai 20,4 persen pasar smartphone.

Disusul Huawei yang mencatatkan pertumbuhan 29 persen dengan penjualan 66,8 juta unit. Huawei berada di tempat kedua dengan 14,9 persen market share.

Apple di peringkat tiga berhasil menjual 43,5 juta unit smartphone. Sayangnya pertumbuhan Apple minus 7 persen, dan kini menguasai 13,4 persen pasar.

Penurunan Apple ini disebut bisa turun lebih drasitis jika persahaan tersebut tidak merilis iPhone 11. Smartphone baru ini dianggap sebagai penyelamat Apple.

Bukan cuma Apple, Xiaomi di posisi empat juga mengalami penurunan pertumbuhan. Namun Xiaomi hanya minus 3 persen saja.

Pabrikan smartphone asal China ini berhasil menjual 32,5 juta unit smartphone dan menguasai 9,6 persen pasar smartphone global.

Pertumbuhan pasar smartphone global kuartal tiga 2019. (Canalys)

 

Itulah hasil laporan riset pasar Canalys mengenai pertembuhan pasar smartphone global. Dan Samsung bersama Huawei masih mendominasi pasar.

BACA SELANJUTNYA

Teknologi Keamanan Baru, Huawei Patenkan All-Display Fingerprint Sensor