Gadget
Kamis, 22 April 2021

Huawei Kembali Dapatkan Lisensi ARM, Masa Depan Chipset Kirin Aman

Huawei makin mandiri dari ketergantungan teknologi AS.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Menyusul pemblokiran Amerika Serikat (AS) kepada Huawei, mendorong beberapa pihak untuk memutuskan hubungan dengan perusahaan China ini.

Termasuk ARM pun mencabut pemberian lisensi mereka kepada Huawei. Yang membuat chipset Huawei terancam tak bisa memakai lisensi ARM.

ARM sendiri adalah perusahaan Inggris, yang dimiliki SoftBank Jepang. Namun sempat memutus hubungan dengan Huawei karena AS.

Seperti diketahui, chip perangkat mobile saat ini didominasi oleh arsitektur ARM. Termasuk smartphone Android dan iPhone berjalan di atas ARM.

Kabar baiknya, kini ARM kembali menjalin hubungan baik dengan Huawei. Lisensi ARM kembali diberikan untuk perusahaan China ini.

Dilaporkan Reuters, juru bicara Huawei mengungkap kalau arsitektur ARM v8 dan v9 adalah teknologi Inggris, bukan AS.

"ARM dapat memberikan dukungan kepada HiSilicon dengan arsitektur ARM v8-A, begitu juga generasi berikutnya dari arsitektur ini, hasil tinjauan komprehensif dari keduanya, berasal dari Inggris" kata juru bicara ARM kepada Reuters.

Chip ARM Cortex-A76. (ARM)
Chip ARM Cortex-A76. (ARM)

 

ARM v8 sendiri adalah teknologi yang menjadi dasar dari semua chip mobile termasuk dari Apple, Huawei, MediaTek, Qualcomm, hingga Samsung.

Kini perusahaan Inggris ini diketahui sedang mengembangkan arsitektur baru, yaitu ARM v9. Yang dapat dipastikan Huawei bisa memakainya.

Huawei sendiri sekarang cukup bergantung pada chipset Kirin yang memakai arsitektur ARM v8. Chip ini didesain oleh HiSilicon, anak perusahaannya.

Sedangkan produksi chipset Kirin ini masih ditangani oleh TSMC, perusahaan berbasis Taiwan. Perusahaan yang tetap mendukung Huawei meski ditekan AS.

Ketika Huawei mendapatkan kembali lisensi ARM dan tetap kerja bareng TSMC, membuatnya makin mandiri dari teknologi AS.

Kita tunggu saja pengembangan chipset Kirin dengan arsitektur baru ARM pada smartphone Huawei di masa depan.

Terkait

Terkini