Kamis, 21 November 2019

Fitur dan Cara Menggunakan WhatsApp Business, Apa Bedanya?

WhatsApp Business dapat memudahkan pengguna berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Logo aplikasi chat WhatsApp Business. (Google Play Store)

Hitekno.com - Apakah kamu tahu aplikasi chat WhatsApp tersedia dalam versi bisnis? Ada WhatsApp Business yang tersedia gratis juga untuk Android dan iOS.

Aplikasi chat WhatsApp Business memang dikhususkan untuk pemilik bisnis. Pengguna dapat lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan.

Tak hanya itu, kini WhatsApp Business juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru.

Fitur tersebut mencakup Profil Bisnis yang memungkinkan pengguna menambahkan informasi penting seperti alamat, jam kerja, deskripsi bisnis, alamat email, dan situs web.

Pengguna juga dapat menggunakan templat perpesanan WhatsApp lewat fitur Produk Perpesanan.

Lewat fitur ini, pengguna dapat menyetel pesan di luar jam kerja agar pelanggan tahu kapan pengguna akan kembali aktif dalam menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

Selain itu, terdapat fitur Metrik. Fitur ini akan menganalisis bagaimana percakapan bisnis pengguna sejauh ini bersama dengan serangkaian data penting seperti tingkat balasan pesan atau klik tautan.

Ilustrasi WhatsApp Business. [Shutterstock]
Ilustrasi WhatsApp Business. [Shutterstock]

 

WhatsApp Business juga menghadirkan fitur Label yang dapat menyortir percakapan dengan pelanggan menjadi kategori tertentu, seperti "pelanggan baru" atau "pesanan tertunda.

Sayangnya, kedua fitur ini hanya tersedia untuk platform iOS.

Untuk menikmati fitur-fitur tersebut, pengguna dapat mengunduh aplikasi chat WhatsApp Business. Berikut cara untuk menggunakan WhatsApp Business:

1. Daftarkan nomor telepon bisnis

Setelah mengunduh aplikasi, ikuti petunjuk yang muncul dan daftarkan nomor telepon bisnis yang berbeda dengan nomor telepon pribadi.

2. Buat profil

Untuk membuat profil bisnis buka "Opsi Lainnya" yang memiliki tombol dengan tiga titik di sudut kanan atas Daftar Chat WhatsApp Business lalu pilih "Setelan". Setelahnya pilih "Setelan Bisnis" lalu ketuk "Profil Bisnis".

Dari sini, pengguna dapat menambahkan foto yang mewakili bisnis, menambah alamat bisnis, kategori, jam kerja, alamat email, situs web, dan deskripsi singkat. Informasi tersebut nantinya akan ditampilkan pada pengguna WhatsApp lainnya.

3. Mulai kirim pesan

Pengguna dapat menggunakan WhatsApp Business untuk melakukan semua hal yang biasa digunakan di WhatsApp Messenger, mulai dari mengirim pesan, foto, hingga melalukan panggilan telepon dan video.

Itulah fitur-fitur aplikasi chat WhatsApp Business yang tersedia untuk mereka pelaku bisnis. Sudah menjajal aplikasi ini? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini