Selasa, 02 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:15 WIB

Hitekno.com - Setelah muncul bocoran pada beberapa bulan sebelumnya, perangkat anyar dari Google akhirnya meluncur ke publik pada hari Selasa (15/10/2019) lalu. Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL diklaim oleh perusahaan membawa fitur yang benar-benar baru .

Kedua smartphone memiliki desain yang hampir sama, hanya saja terdapat sedikit perbedaan terutama dari sisi besaran layar dan kapasitas baterai.

Google Pixel series membawa layar OLED yang dijuluki Smooth Display, sebutan Google untuk layar dengan refresh rate 90 Hz.

Perangkat menghilangkan poni, namun terlihat sedikit menonjol berkat sensor yang ada di bawahnya.

Selain menghilangkan poni, Google juga tidak menyertakan fitur fingerprint in-display yang biasanya ada pada smartphone flagship.

Tampilan depan dan belakang Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. (GSM Arena)

 

Sebagai gantinya, Google menyediakan fitur Face Unlock dengan sensor atau radar khusus.

Google menghadirkan cara baru dalam mengontrol perangkat tanpa perlu menyentuhnya dengan adanya fitur Motion Sense yang ditenagai chip Soli Radar.

Sabrina Ellis, Wakil Presiden Manajemen Produk di Google mengklaim bahwa Pixel 4 memiliki fitur Face Unlock tercepat di dunia.

"Pixel 4 memiliki fitur Face Unlock tercepat pada smartphone, karena prosesnya dimulai bahkan sebelum Anda mengambil smartphone," kata Ellis dikutip dari Tech Crunch.

Tampilan belakang Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL. (Google)

 

Sensor radar juga memungkinkan pengguna menolak panggilan hanya dengan memberi isyarat pada smartphone.

Kedua smartphone sudah dibekali chipset flagship gahar milik Qualcomm, Snapdragon 855 Plus.

Google Pixel 4 memiliki layar OLED 5,7 inci beresolusi Full HD Plus yang dilapisi Gorilla Glass 5 dengan mendukung beberapa fitur termasuk Always-on Display, HDR, dan Ambient EQ.

Perangkat memiliki dua kamera belakang dengan konfigurasi 12,2 MP (Primer, f/ 1.7, OIS + EIS) + 16 MP (Telefoto, f/ 2.2, OIS + EIS).

Tampilan kamera depan dan kamera belakang Google Pixel 4. (Google)

 

Terdapat kamera depan dengan sensor 8 MP (f/2.0) yang didukung fitur AI.

Beberapa spesifikasi atau fitur yang ada pada Google Pixel 4 termasuk Spectral + Flicker Sensor, NIR flood emitter, NIR dot projector, baterai 2.800 mAh (fast charging 18 W) dan Wireless Charging.

Google Pixel 4 XL dibekali layar P-OLED 6,3 inci beresolusi QHD Plus (1440 x 3040 piksel) dengan mendukung beberapa fitur termasuk Always-on Display, HDR, dan Ambient EQ.

Perangkat memiliki baterai berkapasitas 3.700 mAh dengan fitur fast charging 18 W.

Beberapa fitur lainnya termasuk spesifikasi dan sensor kamera sama dengan Google Pixel 4.

Kedua smartphone tersedia dalam varian warna Just Black, Clearly White, dan Oh So Orange (edisi terbatas).

Google Pixel 4 varian memori terendah RAM 6 GB + 64 GB dibanderol dengan harga 799 dolar AS atau Rp 11,3 juta.

Sementara Pixel 4 varian memori tertinggi RAM 6 GB + 128 GB dapat dibeli seharga 899 dolar AS atau Rp 12,7 juta.

Google Pixel 4 XL varian memori terendah RAM 6 GB + 64 GB dibanderol 899 dolar AS atau Rp 12,7 juta dan varian memori tertingginya RAM 6 GB + 128 GB dihargai 999 dolar AS atau Rp 14,1 juta.

Dibekali beragam fitur dan sensor radar canggih, Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL menawarkan sesuatu yang berbeda di kelas flagship.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Ponsel 5G Ini Sudah Masuk Pasar Indonesia