Sabtu, 19 Oktober 2019

Samsung Tutup Pabrik Smartphone di China, Pindah ke Mana?

Samsung memilih Vietnam dan India sebagai basis produksi smartphone.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Gedung Samsung Campus. (Samsung)

Hitekno.com - China selama ini terkenal sebagai tempat produksi elektronik, termasuk smartphone. Namun Samsung malah memutuskan tutup pabrik smartphone di China.

Sebelumnya Samsung juga sempat menutup sejumlah fasilitas dan pabrik smartphone mereka di China. Pada 2018, Samsung menutup pabrik mereka di Tianjin, China.

Diwartakan GSM Arena, sekarang Samsung menutup pabrik terakhir mereka di China. Tepatnya pabrik smartphone Samsung di Huizhou.

Pada 2017, pabrik di Huizhou ini memproduksi 64 juta smartphone. Kala itu Samsung memproduksi total 394 juta smartphone secara global.

Sebelumnya pada 2011, pabrik ini memproduksi 70 juta smartphone. Sedangkan pabrik smartphone Samsung di Tianjin memproduksi 56 juta unit.

Pencapaian Samsung di China sendiri terus mengalami penurunan. Bahkan disebutkan kalau perusahaan ini hanya mendapatkan 1 persen market share di sana.

Tidak dipungkiri karena tumbuhnya sentimen nasionalisme di China karena perang dagang dengan Amerika Serikat yang membuat warganya memilih brand dalam negeri.

3 smartphone murah dari Samsung. (HiTekno.com)
3 smartphone murah dari Samsung. (HiTekno.com)

 

Penutupan pabrik smartphone di China oleh Samsung ini bukan berarti perusahaan ini sepenuhnya cabut dari negara tersebut. Karena Samsung masih berbisnis di China.

Keputusan menutup pabrik smartphone di China ini bukan berarti Samsung sepenuhnya menyerah. Mereka masih memasarkan smartphone di negara tersebut.

Namun produksi smartphone Samsung di China tidak mereka kerjakan sendiri. Melainkan diserahkan pada perusahaan lokal untuk melakukan produksi.

Samsung telah bekerja sama dengan Jianxing Yongrui Electron Technolgy. Salah satu smartphone yang telah diproduksi adalah Samsung Galaxy A10s dan Samsung Galaxy A6s.

Samsung Galaxy A10s. (Samsung)
Samsung Galaxy A10s. (Samsung)

 

Sedangkan untuk produksi smartphone di pasar lain, perusahaan asal Korea Selatan ini telah membangun fasilitas produksi di Vietnam dan India.

Penutupan pabrik smartphone di China ini bukan cuma dilakukan Samsung. Sebelumnya, Sony telah lebih dulu cabut dari China pindah ke Vietnam.

Terkait

Terkini