Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 01 Oktober 2019 | 16:00 WIB

Hitekno.com - Belum lama ini di Twitter ramai beredar screenshot chat berisi percakapan anak STM saat melakukan demo di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Senin (30/9/2019) lalu. Mengungkap identitas pemilik nomor HP di grup chat anak STM tersebut, netizen pakai aplikasi Truecaller dan Getcontact.

Isi grup chat anak STM ini terungkap oleh beberapa netizen di Twitter.

Nampak dalam screenshot tersebut, grup chat anak STM ini bernama 'ANAK STM KI****' dan berisi cukup banyak anggota yang diduga adalah anak STM yang terlibat dalam demo tolak RUU.

Untuk mengungkap identitas pemilik nomor HP di grup chat anak STM tersebut, beberapa netizen menggunakan dua aplikasi yang dapat diunduh secara gratis yaitu Truecaller dan Getcontact.

Dua aplikasi ini diketahui tersedia di Google Play Store dan App Store serta dapat diunduh secara gratis. Punya kegunaan yang sama, Truecaller dan Getcontact ini memiliki beberapa fitur yang berbeda.

Aplikasi Getcontact. (Google Play Store)

 

Kegunaan Truecaller dan Getcontact dapat digunakan untuk mengidentifikasi pemilik nomor HP serta melakukan pemblokiran pada beberapa nomor HP yang diindikasi spam dan penipuan.

Truecaller dan Getcontact sama-sama menggunakan algoritma khusus yang bisa melacak nomor HP yang tidak dikenal serta mampu melakukan cek identitas pemilik nomor HP tersebut. Cukup mudah, pelacakan ini bisa dilakukan hanya melalui nomor HP lho.

Nantinya, dua aplikasi ini akan secara otomatis mengkategorikan nomor HP sebagai spam atau tidak. Jika benar spam, aplikasi ini memberikan fitur blokir nomor HP secara langsung.

Aplikasi Truecaller. (Google Play Store)

 

Mengenai keamanan kedua aplikasi ini, Truecaller dan Getcontact akan meminta akses ke daftar kontak serta beberapa fitur di smartphone kamu untuk dapat digunakan.

Dibandignkan dengan Truecaller, Getcontact masih kurang fitur. Namun, sudah sangat cukup untuk digunakan agar mengetahui identitas pemilik nomor HP yang ingin kamu ketahui.

Truecaller dan Getcontact sama-sama menyediakan layanan berlangganan untuk dapat menjajal beberapa fitur terbaiknya.

Aplikasi Getcontact ungkap identitas pemilik nomor HP di grup anak STM. (twitter/yugaskarth)

 

Sedangkan melalui aplikasi Truecaller dan Getcontact, netizen mengungkap bahwa identitas pemilik nomor HP di grup chat anak STM tersebut adalah beberapa anggota kepolisian.

Tidak diketahui kebenaran dan tingkat akurasi aplikasi Truecaller dan Getcontact yang mampu mengungkap identitas pemilik nomor HP di grup chat anak STM ini. Namun, cukup menghebohkan, kedua aplikasi ini langsung banyak diunduh di Google Play Store dan App Store.