Kamis, 17 Oktober 2019

Harus Tahu, Ini 3 Cara Menyiapkan iPhone Sebelum Update iOS 13

Jangan sampai kehilangan foto, video, dan segala hal penting usai update iOS 13 pada iPhone. Begini caranya.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Sistem operasi iOS 13. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah resmi melucnurkan update iOS 13 untuk iPhone. Apakah iPhone kamu mendapatkan update ini?  Sebelum update, ada yang harus kamu persiapkan.

Pastinya pastikan iPhone kamu mendapatkan update iOS 13. Karena tidak semua iPhone akan mendapatkan update sistem operasi dari Apple ini.

Update iOS 13 hanya Apple berikan kepada: iPhone SE, iPhone 6S Plus, iPhone 6S, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS Max, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Seraya menunggu pemberitahuan pembaruan muncul, ada beberapa hal yang harus dilakukan pengguna sebelum nantinya melakukan pembaruan agar tidak ada gangguan.

Dilansir dari Gadgets Now, jika pengguna tidak ingin mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan foto, video, aplikasi, dan data lainnya setelah pembaruan, maka perlu membuat cadangan pada perangkat untuk mencegah hal itu terjadi.

Berikut ini tiga cara untuk menyiapkan pembaruan iOS 13 di perangkat iPhone:

1. Backup iPhone dan iPod

iPhone X dengan iOS 13. (Apple)
iPhone X dengan iOS 13. (Apple)

 

Backup data iPhone atau iPod adalah hal yang paling mudah dilakukan. Apple memungkinkan penggunanya untuk mencadangkan perangkat mereka baik dengan menggunakan iCloud atau iTunes di PC atau Mac.

Backup data sangat penting dilakukan, sehingga setelah iOS 13 terinstall dan terjadi kesalahan, pengguna tidak akan kehilangan semua data penting.

2. Backup iCloud

iCloud untuk Windows. (Apple)
iCloud untuk Windows. (Apple)

 

Untuk melakukan backup iCloud, pengguna dapat mengakses melalui Pengaturan > ketuk di bagian nama pengguna > pilih opsi iCloud dan ketuk pada Cadangan iCloud > tekan tombol Cadangkan Sekarang.

Sebagai catatan, sebelum melakukan backup iCloud pengguna harus memastikan bahwa perangkat memiliki setidaknya kapasitas baterai minimum 50 persen.

3. Backup menggunakan iTunes

Ilustrasi iTunes. (unsplash/Austin Distel)
Ilustrasi iTunes. (unsplash/Austin Distel)

 

Mencadangkan menggunakan iTunes membutuhkan komputer Mac atau perangkat Windows dengan iTunes yang telah terhubung di dalamnya.

Untuk melakukan backup, pengguna bisa membuka kunci perangkat dan hubungkan iPhone atau iPod ke PC atau Mac > buka iTunes dan klik pada thumbnail kecil di samping dropdown Musik > klik pada bagian Cadangkan > pilih opsi iCloud dan periksa Enkripsi Pencadangan iPhone untuk memberikan keamanan tambahan > masukkan kata sandi enkripsi > klik tombol Cadangkan Sekarang > setelah selesai menginstal iOS 13, pilih opsi iTunes di layar cadangan dan hubungkan perangkat, lalu lakukan restore.

Selain melakukan backup, hal lain yang perlu dilakukan sebelum menginstal pembaruan adalah memastikan bahwa perangkat memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup.

Disarankan untuk menghapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan untuk mempercepat proses pencadangan dan pemasangan pembaruan perangkat lunak.

Itulah 3 cara untuk backup iPhone kamu sebalum melakukan update iOS 13 dari Apple. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini