Jum'at, 18 Oktober 2019

Belum Move On, Huawei Masih Ingin Pakai Android di Mate 30

Huawei masih ragu jika Harmony OS dapat mampu memberikan performa terbaiknya atau tidak.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Hubungan on-off milik Huawei dan Android sepertinya tidak ada ujungnya. Usai benar-benar ditinggal Android, Huawei yang terkesan belum move on ini mengungkap keinginannya untuk menyematkan Android sebagai otak Huawei Mate 30.

Keputusan Android meninggalkan Huawei ini membuat beberapa perangkat anyar Huawei harus kehilangan akses pada beberapa aplikasi bawaan Android seperti Play Store, Maps, Calendar, dan Search.

Makin dibuat pusing, padahal Huawei sedang dalam rencana untuk segera memperkenalkan Huawei Mate 30 dalam waktu dekat.

Sempat disebutkan telah membuat sistem operasi sendiri bernama Harmony OS, nyatanya Huawei masih membutuhkan Android.

Harmony OS sebelumnya sudah rilis pada Agustus 2019 lalu dan siap menggantikan tugas Android di perangkat Huawei.

Bocoran smartphone Huawei Mate 30 Lite. (GSM Arena)
Bocoran smartphone Huawei Mate 30 Lite. (GSM Arena)

 

Sayangnya, walaupun sudah resmi diperkenalkan dan rilis, Huawei masih ragu jika Harmony OS dapat mampu memberikan performa terbaiknya atau tidak.

Pasalnya, masih banyak hal yang perlu dilengkapi dan disempurnakan hingga Harmony OS dapat digunakan untuk perangkat smartphone hingga jam tangan pintar.

Walau begitu, consumer group Huawei, Richard Yu dalam ajang IFA di Berlin menyebutkan bahwa Harmony OS sudah dapat digunakan di berbagai smartphone. Hanya saja, hal tersebut bukan lah prioritas perusahaannya.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Dilansir dari Phone Arena, Huawei sedang memutar otak dan mencari cara agar Android dapat terpasang pada perangkat Huawei.

Posisi Huawei semakin mendesak usai sepertinya Huawei Mate 30 dan Huawei Mate X, smartphone layar lipat Huawei terancam rilis tanpa Android.

Masih belum diketahu dengan pasti nasib Huawei yang masih ingin pakai Android di Huawei Mate 30 ini. Hingga kini, berbagai usaha masih dilakukan untuk mendapatkan sistem operasi tersebut.

Terkait

Terkini