Minggu, 22 September 2019

Dilengkapi 5G, Qualcomm Sediakan Snapdragon untuk Smartphone Murah

Qualcomm akan menghadirkan chipset Snapdragon seri 6 dan 7 berteknologi 5G.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Qualcomm Snapdragon. (Quaclomm)

Hitekno.com - Dalam rangka memperluas dukungan jaringan 5G, Qualcomm bakal menghadirkan chipset Snapdragon ke smartphone murah. Dengan hadirnya teknologi baru ke kelas bawah, pasti akan mendorong penyebarannya.

Setelah lebih dulu hadir untuk Snapdragon seri 8, kini dukungan jaringan telekomunikasi 5G bakal hadir di Snapdragon seri 6 dan 7 terbaru yang rencananya akan dirilis pada tahun 2020 mendatang.

Pihak Qualcomm menyebut, perluasan dukungan ini dilakukan untuk mempercepat proses penyebaran jaringan 5G yang diproyeksikan bakal menyentuh 2 miliar pengguna smartphone di seluruh dunia.

"Kami memiliki posisi unik mempercepat komersialisasi 5G dalam skala global dengan mitra OEM dan operator dengan penawaran mobile platform di Snapdragon seri 8, 7, dan 6 pada 2020," kata SVP dan GM Qualcomm Technologies Alex Katouzian dalam keterangan resminya, Senin (9/9/2019).

Nantinya, chipset Snapdragon seri 6 dan 7 yang ini diproduksi tahun 2020 bakal menjadi yang pertama kompatibel dengan software Snapdragon 5G Modem-RF System.

Menariknya, kemampuan ini juga dirancang mendukung seluruh wilayah dan pita frekuensi, termasuk mmWave, TDD dan FDD, hingga 5G multi-SIM.

Sementara untuk Snapdragon seri 8 terbaru dijadwalkan bakal meluncur pada akhir tahun ini dalam ajang Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019.

Ilustrasi chipset Qualcom Snapdragon. (Qualcomm)
Ilustrasi chipset Qualcom Snapdragon. (Qualcomm)

 

Untuk saat ini, Snapdragon seri 7 sebenarnya sudah terintegrasi dengan modem 5G dan sejumlah fitur lainnya, seperti AI Engine hingga Qualcomm Snapdragon Elite Gaming. Artinya, chipset ini tinggal menunggu update firmware saja.

Qualcomm menyebut, nantinya ada 12 merek smartphone global yang siap menggunakan chipset Snapragon seri 7 yang sudah terintegrasi 5G.

Beberapa di antaranya adalah smartphone besutan Oppo, Realme, Vivo, Motorola, HMD Global (Nokia), hingga LG.

Sedangkan untuk perangkat dengan Snapdragon seri 6 yang sudah terintegrasi 5G, Qualcomm menargetkan ketersediannya pada paruh kedua tahun depan.

Kita tunggu saja smartphone murah dengan chipset Qualcomm Snapdragon yang mendukung jaringan 5G. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini