Kamis, 21 November 2019

64 MP Masih Kurang? Xiaomi Siapkan 4 Smartphone Baru dengan Kamera 108 MP

Persaingan kamera smartphone akan makin memanas!

Agung Pratnyawan
cover_caption
Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)

Hitekno.com - Bukan 48 MP dan 64 MP, Xiaomi siapkan smartphone baru yang menggunakan sensor kamera 108 MP. Resolusi yang sangat tinggi untuk smartphone, bahkan untuk kamera pada umumnya.

Perang megapiksel kamera smartphone baru saja memasuki babak baru, setelah 48 MP kini 64 MP. Redmi dan Realme sedang bersaing untuk menghadirkan kamera 64 MP ke smartphone.

Namun di tengah persaingan ini, Xiaomi telah lebih dulu bersiap menyambut kamera 108 MP. Sensor kamera smartphone yang menyentuh angka 100 megapiksel.

Untuk menghadirkan smartphone baru dengan kamera ini, Xiaomi akan menggunakan sensor buatan Samsung. Lebih tepatnya Samsung ISOCELL Bright HMX 108 MP.

Bukan cuma beresolusi besar, sensor kamera 108 MP ini juga memiliki ukuran penampang luas. Memiliki ukuran 1/1.33" ukuran yang cukup besar untuk sensor kamera smartphone.

Menurut GSM Arena, pemakaian sensor jumbo ini diprediksi untuk smartphone baru Xiaomi Mi Mix 4 mendatang. Lini Mi Mix selama ini memang mendapatkan kamera yang cukup istimewa.

Namun menurut hasil penyelidikan XDA Developer, Xiaomi tidak hanya punya satu smartphone baru. Melainkan 4 smartphone baru dengan sensor kamera 108 MP dari Samsung ini.

Samsung ISOCELL Bright HMX 108 MP. (Samsung)
Samsung ISOCELL Bright HMX 108 MP. (Samsung)

 

XDA Developer menemukan codename dalam MIUI Mi Gallery App yang terdiri dari "Tucana", "Draco", "Umi", dan "CMI". Ketiganya diduga codename untuk smartphone baru Xiaomi.

App ini mendapatkan dukungan untuk menampilkan foto beresolusi 108 MP secara penuh. Dari sini diketahui, keempat smartphone ini bisa mengambil foto beresolusi 108 MP.

Menurut GSM Arena, bagaimana sensor Samsung ISOCELL Bright HMX ini bisa menghasilkan foto beresolusi 108 sama seperti kamera 48 MP sebelumnya.

Jika kamera 48 MP memakai teknologi Quad Bayer di sensor 12 MP, kali ini memakai sensor 27 MP. Dengan interpolasi ini, dapat menghasilkan foto 108 MP dari sensor 27 MP saja.

Pihak Xiaomi memang sudah mengakui tengah mengembangkan smartphone baru dengan kamera beresolusi tinggi. Hal ini diungkap bersamaan dengan kamera smartphone 64 MP mereka.

Xiaomi siapkan smartphone baru dengan kamera 108 MP. (Xioami)
Xiaomi siapkan smartphone baru dengan kamera 108 MP. (Xioami)

 

Kita tunggu saja smartphone baru Xiaomi apa yang memakai sensor kamera 108 MP ini. Kira=kira berapa ukuran file foto dari kamera smartphone ini ya?

Terkait

Terkini