Kamis, 02 April 2020

Biar Nggak Lemot, Begini Nih Cara Mudah Hapus Cache di Chrome dan Firefox

Cache sangat berpengaruh ada kecepatan perangkat, baik dalam membuka aplikasi ataupun mengakses situs web.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Ilustrasi mesin pencari Google. (Pixabay/ William Iven)
Ilustrasi mesin pencari Google. (Pixabay/ William Iven)

Hitekno.com - Tempat penyimpanan sementara perangkat atau cache menyimpan tipe data tertentu. Tujuannya adalah untuk mempercepat dan memperlancar perangkat beroperasi serta mengurangi berapa banyak data yang diproses dan dikonsumsi

Cache sangat berpengaruh ada kecepatan perangkat, baik dalam membuka aplikasi ataupun mengakses situs web. Jika data cache menumpuk, biasanya kecepatan perangkat akan menurun. Dilansir dari TechRadar, berikut ini cara menghapus cache di Chrome dan Firefox:

1. Google Chrome

Menu Pengaturan berada di menu Chrome yang berada di sebelah bilah alamat di sudut kanan atas layar. Setelah mengklik Pengaturan, tab baru akan terbuka di dalam browser, menampilkan semua opsi yang dapat pengguna atur.

Langkah kedua: Pilih menu Tampilkan Pengaturan Lanjutan

Setelah memilih menu Tampilkan Pengaturan Lanjutan, ada beberapa opsi baru yang akan terbuka di bagian bawah tab ini. Pengguna cukup pilih menu Privasi.

Langkah Ketiga: Pilih menu Pengaturan Konten untuk membuka jendela baru.

Ilustrasi Google Chrome. [Shutterstock]
Ilustrasi Google Chrome. [Shutterstock]

Ini memberi pengguna beberapa fleksibilitas dalam cara memoderasi atau menghapus cache di browser Chrome. Pengguna dapat memilih untuk menyimpan data yang disimpan sampai memutuskan untuk menghapusnya nanti secara manual, atau meminta Chrome secara otomatis menghapus semuanya.

Langkah keempat: Keluar dari menu Pengaturan

Konten dan jelajahi opsi di sebelahnya, Hapus Data Penelusuran. Hal ini dilakukan untuk membersihkan data yang disimpan browser dengan eksistensi.

Langkah kelima: Pengguna dapat memilih cookie mana yang masih ingin pengguna simpan secara manual dan yang ingin dihapus.

2. Firefox

Langkah pertama: Buka menu Preferensi dengan klik tombol menu yang berada di sebelah bilah alamat web.

Langkah kedua: Setelah menu Preferensi muncul, klik ke burlesque mask.

Langkah ketiga: Beralih dari Remember history ke Use custom settings for history.

Pengguna dapat menyesuaikan berbagai pengaturan terkait cache. Beberapa opsi baru akan terbuka, memberi pengguna kontrol yang lebih baik atas cache yang tersimpan di sistem.

Biar Nggak Lemot, Begini Nih Cara Mudah Hapus Cache di Chrome dan Firefox - 2
Firefox. [Shutterstock]

Langkah keempat: Pilih kotak Browsing & Download History, Active Logins, Form & Search History, Cookies, dan Cache.

Langkah kelima: Dalam menu Privasi, klik tombol Pengaturan. Ini akan membuka lebih banyak opsi yang memungkinkan pengguna memahami tingkat mikro pada data.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Terkait

Terkini