Kamis, 14 November 2019

Xiaomi, Oppo, dan Vivo Kompak Kembangkan Teknologi Ini untuk Lawan Apple

Tiga brand asal China ini gabung dengan Google kembangkan saingan Apple AirDrop.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Xiaomi, Oppo, dan Vivo kompak lawan Apple AirDrop. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Apple menghadirkan AirDrop untuk memudahkan penggunanya untuk transfer file antar perangkat. Tak mau kalah, Xiaomi, Oppom dan Vivo kompak bersatu.

Diwartakan The Verge, tiga brand asal China ini juga ikut bersatu dalam pengembangan aplikasi mirip AirDrop untuk memudahkan transfer file antar perangkat.

Seperti diketahui, Xiaomi, Oppo, dan Vivo jarang sepakat untuk memakai standar yang sama untuk smartphone Android mereka.

Smartphone Android Xiaomi hadir dengan antarmuka MIUI, Oppo dengan ColorOS, sedangkan Vivo dengan FuntouchOS. Namun kini ketiganya bergabung.

Aplikasi transfer file milik Apple yang dapat mengirimkan file secara mudah dan cepat. Selain itu, AirDrop juga memanfaatkan Wi-Fi sebagai penghubung.

Google dengan Android, sebenarnya juga punya teknologi serupa yang memungkinkan transfer file dengan mudah antar perangkat.

Google juga membuka kesempatan untuk berbagai pihak yang ingin bergabung dalam pengembangan aplikasi ini. Dan ketiga brand smartphone Android ini pun memutuskan gabung.

Xiaomi, Oppo, dan Vivo kompak lawan Apple AirDrop. (The Verge)
Xiaomi, Oppo, dan Vivo kompak lawan Apple AirDrop. (The Verge)

 

Pada 2014 lalu, Google mengenalkan Android Beam sebuah teknologi transfer file dengan memanfaatkan NFC. Namun Google punya senjata baru untuk Android Q nanti.

Yaitu Fast Share, protokol transfer file lewat bluetooth dengan kecepatan tinggi. Bukan Wi-Fi seperti yang dipakai Apple AirDrop selama ini.

Diwartakan 9to45Google, Fast Share ini diklaim menjadi kompetitor Apple AirDrop. Tidak hanya kencang dalam mengirimkan file namun tetap mudah.

Dengan bergabungnya tiga brand China ke ke protokol Google ini memungkinkan untuk menjadikannya sebagai standar baru untuk perangkat masa depan.

Apakah aplikasi transfer file kolaborasi Google, Xiaomi, Oppo, dan Vivo ini bakal bisa mengalahkan Apple AirDrop nantinya?

Terkait

Terkini