Minggu, 25 Agustus 2019

Pernah Booming, 5 Fitur Smartphone Ini Mulai Ditinggalkan Penggunanya

Deretan fitur baru ini berhasil menggantikan kesuksesan fitur smartphone lama yang sebelumnya begitu booming dan diminati oleh penggunanya.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi smartphone. (Pixabay/Pexels)

Hitekno.com - Maraknya kehadiran perangkat anyar hasil ciptaan para vendor smartphone, semakin banyak juga fitur baru yang diperkenalkan. Kemunculan fitur-fitur baru ini yang lalu membuat beberapa fitur smartphone yang lama dan pernah booming mulai ditinggalkan.

Beberapa fitur baru yang saat ini begitu diminati adalah fingerprint, face unlock, kamera, WhatsApp, Twitter, Spotify hingga Instagram.

Deretan fitur baru ini sukses menggantikan kesuksesan fitur smartphone lama yang sebelumnya begitu booming dan diminati oleh penggunanya. Berikut 5 fitur smartphone yang mulai ditinggalkan penggunanya.

1. Radio

Ilustrasi earphone. (Pixabay/Skitterphoto)
Ilustrasi. (Pixabay/Skitterphoto)

 

Dulu, fitur radio di smartphone dianggap begitu menarik oleh siapa saja. Sayangnya, seiring berjalannya waktu, fitur ini tergantikan dengan berbagai hal yang jauh lebih menarik. Sebut saja seperti podcast yang saat ini sedang booming.

Kebiasaan mendengarkan radio melalui perangkat smartphone tidak lagi dilakukan. Apalagi beberapa stasiun radio kini menyediakan akses ke situs resminya untuk dapat mendengarkan radio secara langsung.

Podcast lalu hadir untuk mengganti kebiasaan lama ini. Dapat diakses dengan mudah dan praktis membuat podcast lebih menarik dan mencuri perhatian.

2. Download Lagu

Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)
Ilustrasi Spotify. (unsplash/Fimpli)

 

Karena tidak menyediakan musik secara gratis, pengguna smartphone dulu perlu mendownload lagu secara manual ke perangkatnya untuk dapat mendengarkan musik.

Kegiatan serba manual ini lalu tergantikan dengan kemunculannya Spotify, Joox, dan Apple Music, platform musik digital yang dapat diakses dengan mudah dan praktis. Saat ini, beberapa pengguna smartphone yang melakukan kegiatan mendownload lagu secara manual terbilang cukup jarang ditemui.

3. Bluetooth

Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)

 

Menggantikan infrared, bluetooth sempat menjadi andalan pengguna smartphone. Setidaknya hal itu terjadi sebelum kemudian aplikasi semacam Share It dan aplikasi pesan singkat muncul.

Mengirimkan file via bluetooth dirasa sangat praktis pada zamannya. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak hal yang lebih praktis yang dapat digunakan untuk berbagi file di smartphone.

4. SMS

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Jamie Street)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Jamie Street)

 

Pada zamannya, mengirim pesan singkat dengan menggunakan SMS begitu marak digunakan. Namun, seiring berjalannya waktu dan dirasa cukup berat karena mengandalkan pulsa biasa, SMS lalu tergantikan dengan berbagai aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp hingga Line.

SMS lalu perlahan tersingkirkan dengan kemunculan berbagai aplikasi pesan singkat ini. Alasan utamannya adalah karena tarif SMS yang dianggap cukup membebani penggunanya.

5. Kamera

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dng Trn Vit)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dng Trn Vit)

 

Walaupun masih sangat penting saat ini di smartphone. Fitur kamera dirasa menjadi salah satu fitur yang seiring berjalannya waktu mungkin akan ditinggalkan. Pasalnya, kini banyak aplikasi foto yang datang dengan membawa hasil kamera yang lebih menarik.

Sebut saja seperti aplikasi kamera beauty plus yang datang dengan berbagai kecanggihan untuk mengubah tampilan wajah penggunanya. Seolah tidak ingin tergantikan, wajar jika banyak aplikasi kamera di smartphone yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur AI beautyplus.

Itu tadi deretan fitur smartphone yang mulai ditinggalkan penggunanya. Kira-kira mana yang paling akan kamu rindukan jika nanti menghilang?

Terkait

Terkini