Sabtu, 21 September 2019

Samsung Siapkan Sensor Kamera 108 MP, Smartphone Apa yang Akan Memakainya?

48 MP dan 64 MP sudah ketinggalan, sekaran sudah ada kamera 108 MP.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Samsung)

Hitekno.com - Setelah ramai persaingan sensor kamera 48 MP, kini sedang ramai 64 MP. Namun perang megapiksel tak terhenti di sini, karena Samsung kenalkan sensor kamera 108 MP.

Seperti diketahui, Redmi dan Realme sedang berang teaser kamera 64 MP yang akan disematkan ke smartphone baru. Sebelumnya, dua pabrikan ini juga bersaing di kamera 48 MP.

Dua pabrikan smartphone tersebut diketahui sama-sama memakai sensor kamera Samsung ISOCELL untuk kamera 64 MP. Mereka nampak memilih Samsung ketimbang Sony.

Tidak lain karena Samsung juga terus mengembangkan sensor kamera ini. Terbaru, Samsung ISOCELL mengumumkan sensor kamera smartphone terbarunya.

Yaitu sensor kamera yang diklaim akan 'redefined' resolusi kamera smartphone saat ini. Bukan lagi 48 MP maupun 64 MP, tapi diklaim mampu menghasilkan foto 108 MP.

Rencananya, sensor kamera ini detail sensor kamera Samsung diungkap ke publik pada 12 Agustus 2019 nanti. Dan smartphone baru apa yang akan memakainya?

Mengutip dari GSM Arena, sensor kamera Samsung ISOCELL 108 MP ini akan digunakan oleh Xiaomi Mi Mix 4 nanti yang akan dirilis tahun ini juga.

Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Twitter/ Samsung ISOCELL)
Sensor kamera smartphone Samsung ISOCELL. (Twitter/ Samsung ISOCELL)

 

Seperti diketahui, kamera 108 MP ini tetap memakai interpolasi seperti yang kita kenal di kamera 48 MP maupun kamera 64 MP.

Kamera 108 MP ini akan mengandalkan sensor kamera beresolusi asli 27 MP. Dengan teknologi Quad Bayer, resolusi foto yang dihasilkan dilipat gandakan hingga empat kali jadi 108 MP.

Sama seperti kamera 48 MP yang aslinya dari sensor 12 MP, dan kamera 64 MP dari sensor 16 MP. Yang membedakan kamera 64 MP memakai ukuran fisik sensor lebih besar dari 48 MP.

Tidak diketahui berapa ukuran sensor 27 MP yang akan jadi basis kamera 108 MP ini nanti. Kita tunggu saja sampai Samsung mengungkap sensor kamera smartphone terbaru ini.

Terkait

Terkini