Sabtu, 24 Oktober 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 10 Agustus 2019 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Meski masih memakai sistem operasi Android, Huawei juga mengembangkan HarmonyOS. Kabar terbarunya, bakal ada smartphone Huawei yang akan memakainya.

Sebelumnya dikabarkan kalau HarmonyOS ini adalah sistem operasi baru dari Huawei yang merupakan versi global dari HongMeng OS.

Nama HongMeng OS digunakan untuk pasar China. Namun bukan hanya untuk smartphone saja, namun perangkat teknologi lainnya.

Mengutip dari GSM Arena, bocoran terbaru bakal ada smartphone Huawei terbaru yang akan memakai sistem operasi baru tersebut.

Smartphone Huawei baru ini adalah keluarga Mate 30. Disebutkan kalau Huawei Mate 30 Lite akan memakai HongMeng OS di China.

Meski begitu, Huawei Mate 30 Lite juga masih tersedia dalam versi Android 10 Q juga. Dan pastinya memamakai EMUI sebagai interface sistem operasi tersebut.

Namun tidak diketahui apakah Huawei Mate 30 Lite versi global akan memakai HarmonyOS juga. Namun keberadaan HongMeng OS di versi China membuka kemungkinan besar.

Bocoran smartphone Huawei dengan HarmonyOS. (Twitter/ @RODENT950)

 

Huawei Mate 30 Lite sendiri disebut-sebut akan mengusung empat kamera utama. Konfigurasinya akan berbentuk kotak seperti yang kita lihat di Huawei Mate 20.

Smartphone baru ini disebut-sebut sebagai versi lain dari Huawei Nova 5i Pro. Namun mendapatkan nama Mate sebagai keluarga dari seri falgship Huawei.

Jika berkaca dari Huawei Nova 5i Pro, smartphone ini akan memakai layar 6,26 inci dengan punch-hole. Ditenagai Kirin 810 dan baterai 4.000 mAh dengan fast charging 20 watt.

Untuk kamera utama di belakang, akan memakai sensor 48 MP didampingi 8 MP ultrawide, dedicated kamera makro, dan tidak ketinggalan depth sensor.

Bocoran smartphone Huawei dengan HarmonyOS. (Twitter/ @RODENT950)

 

Kita nantikan saja, apakah Huawei Mate 30 Lite ini jadi smartphone Huawei pertama yang memakai HarmonyOS di luar China. Atau Huawei punya rencana lain?

BACA SELANJUTNYA

Rombak Citra, Huawei Ingin Dikenal Sebagai Merek Premium di Indonesia