Selasa, 17 September 2019

Warga Korea Selatan Berbondong-bondong Pindah ke Jaringan 5G

Jutaan warga Korea Selatan sudah merasakan jaringan 5G.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Ilustrasi tower jaringan seluler. (Pixabay)

Hitekno.com - Korea Selatan menjadi salah satu negara yang telah memiliki jaringan 5G. Jaringan seluler yang diklaim punya kecepatan internet tinggi.

Negara Gingseng ini sendiri menjadi yang pertama merasakan jaringan 5G. Teknologi ini sudah datang ke negara tersebut sejak Desember 2018.

Namun baru April 2019 kemarin, jaringan 5G mulai meluas di Korea selatan. Sejak itu, banyak warganya yang bermigrasi ke koneksi internet yang lebih ngebut ini.

Mengutip dari Gizchina, kini 1,34 juta warga Negeri Ginseng ini telah menggunakan jaringan 5G. Peningkatan tertinggi terjadi pada bulan Mei 2019 kemarin.

Pada Mei 2019, pengguna jaringan 5G meningkat hingga 550 ribu orang. Dan angka ini diprediksi bisa meningkat bulan-bulan ke depan.

Menurut para analis, pengguna jaringan 5G di Korea Selatan bisa mencapai 4 hingga 5 juta orang pada akhir tahun 2019 nanti.

Tiga operator seluler ternama Korea Selatan, SK, KT, dan LG Uplus juga telah menyediakan jaringan 5G sejak Desember 2018 lalu.

Ilustrasi smartphone 5G berperan dalam IoT. (Pixabay/ mohamed Hassan)
Ilustrasi smartphone 5G berperan dalam IoT. (Pixabay/ mohamed Hassan)

 

Sejak peluncuran pertama pada desember 2018 lalu, Korea Selatan hanya butuh 69 hari untuk mendapatkan lebih dari 1 juta pengguna jaringan 5G.

Pencapaian ini 11 hari lebih cepat untuk mencapai 1 juta pengguna dibanding jaringan 4G di negara tersebut. Nampak jaringan 5G disambut antusias warga negara tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, jaringan 5G Korea Selatan menjadi salah satu yang terkencang dalam kecepatan internet.

OpenSignal mencatat kecepatan internet jaringan 5G Korea Selatan mencapai 1.071 Mbps downlink. Negara ini menjadi peringkat ketiga di bawah Amerika Serikat dan Swiss.

Terkait

Terkini