Minggu, 05 April 2020

Realme X vs Realme 3 Pro, Duel Smartphone Kekinian Paling Dicari

Dapur pacu serupa, fitur beda. Pilih mana antara Realme X vs Realme 3 Pro ini?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Realme makin memantapkan dirinya di Indonesia dengan meluncurkan banyak smartphone baru. Termasuk dua yang saling bersaing ketat, Realme X vs Realme 3 Pro.

Dua smartphone kekinian ini sama-sama bersaing di harga Rp 3 jutaan. Dua smartphone baru ini memang jadi barang buruan banyak orang.

Jika selama ini Xiaomi dan Asus sering kehabisan stok di online karena banyak diburu, Realme memasukkan dirinya dalam jajaran tersebut.

Dua smartphone kekinian Realme ini selalu ludes saat pre-order. Begitu juga ketika ada flash sale, smartphone Realme habis seketika.

Salah satu smartphone baru yang paling diburu adalah Realme 3 Pro. Smartphone murah dengan dengan performa tinggi dan cocok untuk main game.

Namun tak berselang lama, datanglah Realme X yang bikin gempar juga. Smartphone murah dengan sederet kecanggihan dan fitur paling kekinian.

Karena itu, banyak orang yang bingung untuk memilih antara Realme X vs Realme 3 Pro. Mana smartphone Realme yang sebaiknya mereka beli.

Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)

 

Keduanya punya spesifikasi hardware yang serupa, harga tak berselang jauh, dan fitur-fitur menarik. Namun ada pula fitur unggulan masing-masing smartphone.

Realme juga memasarkan dua smartphone ini untuk target pasar yang berbeda. Namun kenapa memiliki banyak kesamaan secara detail ya?

Untuk memudahkan kamu memilih smartphone baru mana yang hendak dibeli, ini Tim HiTekno.com bandingkan dua smartphone kekinian Realme X vs Realme 3 Pro.

1. Dapur Pacu

Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)
Qualcomm Snapdragon 710. (Qualcomm)

 

Keduanya sama-sama dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 710. Bukan chipset biasa, karena Snapdragon 710 punya performa yang cukup tinggi di kelas mainstream.

Dibandingkan Snapdragon seri 600, Snapdragon 710 punya performa GPU yang lebih bertenaga. Karena itu chipset ini banyak digunakan untuk smartphone gaming kelas menengah.

Keduanya juga punya pilihan RAM dari 4 GB hingga 8 GB. Cocok untuk main game dan multi tasking banyak aplikasi. Soal performa, tak perlu diragukan soal performa.

Namun antara Realme X vs Realme 3 Pro, mana yang lebih ngebut di AnTuTu Benchmark? Realme X juaranya dengan nilai 164.301 sedangkan Realem 3 Pro hanya 155.000 saja.

2. Layar

Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)

 

Realme X hadir dengan layar AMOLED 6,53 inci beresolusi fullHD plus. Menariknya, layar ini tidak ada terganggu poni karena sistem kamera selfie pop-up.

Sedangkan Realme 3 Pro hadir dengan panel IPS berukuran 6,3 inci beresolusi fullHD plus. Terdapat poni mungil di sisi atas untuk kamera selfie.

Kedua layar ini juga telah mendapatkan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Namun layar Realme X jelas lebih unggul dari Realme 3 Pro.

3. Baterai

VOOC Flash Charger. (Oppo)
VOOC Flash Charger. (Oppo)

 

Realme X hadir dengan baterai berkapasitas 3.765 mAh.Realme 3 Pro lebih punya kapasitas besar 4.045 mAh. Keduanya juga telah didukung fast charging VOOC 3.0 20 watt.

Meski begitu, Realme X tidak kalah dari Realme 3 Pro. Karena Realme X telah memakai USB Type-C sedangkan Realme 3 Pro masih mengandalkan micro USB 2.0.

4. Fitur unik

Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)

 

Realme X hadir dengan fitur unik kamera pop-up 16 MP. Fitur ini membuat layar nampak penuh di muka tanpa terganggu dengan adanya poni atau notch.

Selain itu, juga dilengkapi dengan under display fingerprint sensor alias sensor di bawah layarnya. Fitur ini membuat tampak belakangnya lebih bersih dan rapi.

Realme 3 Pro dipromosikan sebagai smartphone gaming. Karena telah dioptimalkan untuk beberapa game ternama, seperti PUBG Mobile, Rules of Survival, hingga Asphalt 9.

5. Kamera

Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)

 

Kamera utama Realme X dilengkapi sensor Sony IMX586 48 MP f/1.7 lensa wide 26 mm dan 5 MP depth sensor. Dan kamera selfie 16 MP f/2.0 dengan mekanisme pop-up.

Realme 3 Pro dilengkapi sensor Sony IMX519 16 MP f/1.7 dan 5 MP depth sensor. Kamera selfie 25 MP f/2.0 yang berlokasi di poni mungilnya.

Fitur 960 Super Slo-Mo video, Super Nightscape dan Chroma Boost juga hadir di kedua smartphone ini. Soal kamera nampak Realme 3 Pro tak kalah dari Realme X.

6. Harga

Ilustrasi menghitung uang. (Pakutaso).
Ilustrasi menghitung uang. (Pakutaso).

 

Realme X versi RAM 4 GB + 128 GB dibanderol dengan harga Rp 3.799.000, sedangkan untuk RAM 8 GB + 128 GB dibanderol dengan Rp 4.199.000.

Harga Realme 3 Pro varian RAM 4 GB + 64 GB dibanderol Rp 2.999.000. Sementara varian tertingginya RAM 6 GB + 128 GB dapat dibeli dengan harga Rp 3.699.000.

7. Kesimpulan

Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)
Realme X vs Realme 3 Pro. (HiTekno.com)

 

Jadi pilih mana antara Realme X vs Realme 3 Pro ini? Buat kamu yang mengejar performa terutama untuk main game, Realme 3 Pro jadi pilihan menarik.

Pasalnya, dengan harga yang lebih murah kamu mendapatkan performa yang serupa. Ditambah, smartphone baru ini sudah mendapatkan optimalisasi untuk sejumlah game.

Yang mencari smartphone baru kekinian dengan desain unik dan fitur baru, Realme X pilihan tepat. Kombinasi under display fingerprint dan kamera pop-up jadi andalan.

Itulah perbandingan dua smartphone baru paling kekinian, Realme X vs Realme 3 Pro. Mana yang jadi pilihan kamu?

Terkait

Terkini