Senin, 25 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 29 Juli 2019 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Pernahkah kamu chatting dengan dengan seseorang namun yang dikirimkannya hanya huruf P saja? Ternyata chat model ini dimulai dari smartphone jadul ini.

Seorang netizen menemukan smartphone jadul yang disebutkan sebagai asal muasal chating huruf P saja. Bisa tebak apa smartphone jadul ini?

"Inilah salah satu penampakan perusak dunia sopan santun. Pencetus kata: 'P' 'Ping'," tulis netizen dalam postingan yang viral di Facebook.

Tidak lain smartphone jadul tersebut adalah BlackBerry. Smartphone legendaris dengan aplikasi chatting BBM. Seperti dalam sebuah foto yang viral di Facebook ini.

Netizen mengunggah sebuah foto smartphone jadul merek BlackBerry yang diletakkan di tangan. Foto ini diunggah pada 28 Juli 2019 dan langsung disambut komentar netizen.

Dalam kolom komentar, banyak netizen yang teringat masa lalu mereka dengan smartphone BlackBerry tersebut. Ada pula yang menganggap ini smartphone wajib di masanya.

Namun lebih banyak netizen menyoroti soal chatting hanya dengan huruf P saja. Smartphone ini disebut-sebut sebagai cikal banyaknya.

Smartphone jadul blackberry. (Facebook/ Al)

 

"Auto delcont kalau ada yg ping 3 kali tanpa jeda," ungkap Lukman Hakim Soufian.

"Jujur ku rindu getarannya," pengakuan Novietha Yuli Rizal.

"Ini HP yg ga mau disebut HP ya? 'Ini blackberry, lebih canggih dari HP' lol," komentar Kiki Luqman Hakiem.

"'P' itu biasanya tanda buat tes jaringan," pengalaman Naomi Dame Riama Tambunan.

"Biasa yg paling kesel HRD. Ada calon karyawan mau chat di P P P P Wkwk auto reject," tulis Al.

"P + spasi kalo ga salah, nanti berubah jadi 'PING!!!' Teksnya warna merah," tips Donny Damiko.

Smartphone jadul blackberry. (Facebook/ Al)

 

Seperti diketahui, smartphone jadul merek BlackBerry ini memang dikenal akan aplikasi chatting BBM. Aplikasi chatting yang lebih dulu dikenal banyak orang dibandingkan yang lain.

Karena itu, kebiasaan dari masa memakai BBM masih sering terbawa sampai sekarang. Yaitu chat dengan huruf P saja, yang bisa diartikan sebagai Ping.

Itulah smartphone jadul merek BlackBerry yang viral di Facebook. Netizen yang disebut-sebut sebagai asal mula banyak orang chat hanya dengan huruf P saja.