Sabtu, 25 Januari 2020

7 Merek Ponsel Jadul yang Pernah Laris di Indonesia, Mana yang Kamu Pakai?

Yuk nostalgia merek ponsel jadul dari era awal 2000-an.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Beragam ponsel jadul yang ada di Tanah Air. (Hitekno.com)
Beragam ponsel jadul yang ada di Tanah Air. (Hitekno.com)

Hitekno.com - Saat ini smartphone apa yang sedang kamu pakai? Sebelum yang sekarang, apakah kamu pernah memakai ponsel jadul, atau mengenal merek ponsel jadul dari orang-orang di sekitarmu?

Mungkin saat ini pasar smartphone Tanah Air dikuasai Android dan iOS. Namun sebelum itu, ada banyak merek ponsel jadul yang meramaikan.

Sebelum maraknya smartphone seperti sekarang, di awal 2000-an atau di akhir 90-an banyak bertebaran ponsel dari merek-merek ternama.

Kalau ngomongin merek ponsel jadul mungkin di bayanganmu yang ada Nokia dan Blackberry. Padahal masih banyak merek ponsel jadul yang bertebaran di Tanah Air.

Berikut ini 7 merek ponsel jadul yang sempat beredar di Tanah Air pada era 90-an hingga awal 2000-an.

1. Ericsson

Ericsson R310. (stilmobil.se)
Ericsson R310. (stilmobil.se)

 

Sebelum bergabung jadi Sony Ericsson, merek ini sudah hadir duluan. Brand asal Swedia ini sempat jadi kompetitor utama dari Nokia lho.

2. Siemens

Siemens C45. (stilmobil.se)
Siemens C45. (stilmobil.se)

 

Nama Siemens sempat ramai jadi pilihan smartphone di Tanah Air. Merek asal Jerman ini dikenal mudah diutak atik dan murah dibandingkan dengan Nokia dan Ericsson.

3. Motorola

Motorola RAZR V3. (Amazon)
Motorola RAZR V3. (Amazon)

 

Di tengah dominasi merek eropa, ada pula Motorola dari Amerika Serikat. Motorola sampai sekarang masih aktif, walau sempat berpindah-pindah kepemilikan.

4. Nokia

Nokia N-Gage. (Wikipedia)
Nokia N-Gage. (Wikipedia)

 

Tak sah ngomongin merek ponsel jadul tanpa menyebut Nokia sang raja ponsel. Merek asal Finlandia ini masih aktif sampai sekarang, namun di bawah naungan HMD Global.

5. O2

O2 XDA II. (Amazon)
O2 XDA II. (Amazon)

 

Untuk pengguna PDA dan PDA phone, pasti tidak asing dengan merek ini. O2 sendiri sebenarnya provider seluler, dan pabrikan ponselnya kini jadi HTC.

6. Palm

Palm Treo 755p. (Amazon)
Palm Treo 755p. (Amazon)

 

Merek ini dikenal dengan konsep penggabungan antara PDA dan smartphone. Palm juga terkenal dengan sistem operasi Palm OS dan WebOS yang semapat dipakai LG.

7. BlackBerry

BlackBerry Curve 8520 Gemini. (amazon)
BlackBerry Curve 8520 Gemini. (amazon)

 

Tidak lengkap tanpa membicarakan BlackBerry. Perusahaan berbasis di Kanada ini yang mempopulerkan smartphone ke Tanah Air karena popularitasnya.

Itulah tadi 7 merek ponsel jadul yang sebagian entah ke mana, dan sebagian masih ada hingga sekarang. Mana yang pernah kamu pakai?

Terkait

Terkini