Minggu, 31 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 25 Juli 2019 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Apple telah meluncurkan update iOS 12.4 belum lama ini untuk perangkat mereka. Selain itu, diumumkan juga kalau ada iPhone dan iPad yang tidak kompatibel dengan update ini.

Beberapa seri iPhone dan iPad ini tidak mendapatkan update tersebut karena sudah terlalu tua. 

Namun, itu bukan berarti iPhone dan iPad lawas berhenti beroperasi. Pasalnya, mereka akan mendapatkan update lain khusus untuk mengatasi masalah dengan komponen GPS dari perangkat ini.

Menurut Apple, mulai 3 November 2019, beberapa model iPhone dan iPad yang diperkenalkan pada 2012 dan sebelumnya, akan membutuhkan update iOS untuk menjaga akuratisasi fitur lokasi GPS dan menjaga tanggal dan waktu yang benar.

Update diperlukan karena masalah perpanjangan waktu GPS yang mulai memengaruhi produk yang mendukung GPS dari produsen lain pada 6 April 2019.

Meskipun perangkat Apple belum terpengaruh, untuk terus berfungsi dengan benar, fitur lokasi GPS memerlukan update perangkat lunak hingga 3 November 2019.

Teknologi GPS menggunakan tanggal dan waktu ketika menghitung lokasi seseorang dan menyimpan angka menggunakan sepuluh bit biner, dikutip dari Register.

Ilustrasi iPhone 5s. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Setiap 20 tahun atau lebih, penghitung kembali ke nol, yang membuat perangkat dengan GPS untuk kembali ke tahun sebelumnya, sehingga menyebabkan fitur lokasi gagal.

Jika Anda tidak memperbarui iPhone atau iPad lama Anda sebelum 3 November 2019, beberapa model mungkin tidak dapat mempertahankan posisi GPS yang akurat.

Selain itu, fitur lain yang mengandalkan tanggal dan waktu yang benar, seperti sinkronisasi iCloud dan pengambilan email, mungkin berhenti berfungsi.

Dilansir dari Phone Arena, jika Anda masih memiliki iPhone 4s, iPad mini (generasi pertama) Wi-Fi + Seluler, iPad 2 Wi-Fi + Seluler, dan iPad (generasi ketiga) Wi-Fi + Seluler, nomor versi perangkat lunak yang diperbarui harus iOS 9.3. 6. Untuk pengguna iPhone 5 dan iPad (generasi ke-4) Wi-Fi + Seluler, nomor versi perangkat lunak yang diperbarui harus 10.3.4.

Apple mengatakan bahwa iPod touch dan semua model iPad yang hanya memiliki Wi-Fi tidak akan terpengaruh oleh masalah GPS ini.

iPhone 6. (Erafon)

 

Sementara itu, buat yang ingin memastikan perangkat iPhone atau iPad Anda sudah mendapatkan update, bisa melakukan beberapa langkah berikut?

  1. Buka aplikasi Penyetelan
  2. Pilih Umum kemudian pilih Tentang
  3. Lihat jajaran nomor Versi Perangkat Lunak milik Anda

 

Itulah update iOS 12.4 untuk iPhone dan iPad yang terkait dengan GPS. (Suara.com/ Dythia Novianty).