Selasa, 17 September 2019

Nokia Pisang Bisa Jalankan Aplikasi WhatsApp, Ini Rahasianya

Nokia Pisang versi 2018 punya sistem operasi keren!

Agung Pratnyawan
cover_caption
Nokia 8110 atau lebih akrab disebut Nokia Pisang versi modern. (Nokia)

Hitekno.com - Masih ingat dengan Nokia 8110 atau lebih akrab disebut Nokia Pisang ini? Pada 2018 kemarin, Nokia merilis ulang ponsel tersebut dalam versi modern.

Bukan featured phone biasa, Nokia Pisang versi baru ini bisa menjalankan aplikasi WhatsApp. Yup, kini kamu bisa chattingan dengan ponsel ini.

Seperti dilansir The Verge, Selasa (23/7/2019), saat ini aplikasi WhatsApp sudah mendukung sistem operasi KaiOS yang mengotaki Nokia Pisang.

Aplikasi WhatsApp bisa diunduh pengguna Nokia 8110 reborn di KaiStore dengan mengonsumsi RAM sekitar 512 MB hingga 256 MB. Rencananya, aplikasi ini juga akan tersedia secara pre-install di sejumlah ponsel yang diluncurkan pada kuartal 2019.

Pada versi KaiOS, WhatsApp juga didukung fitur serupa dengan versi Android dan iOS, seperti enkripsi end-to-end dan juga bisa melakukan panggilan WhatsApp.

Sebelum memasuki Nokia 8110, WhatsApp sebenarnya sudah menjamah secara bertahap beberapa perangkat berbasis KaiOS sejak 2018. Pada September tahun lalu, WhatsApp hadir di JioPhone.

Hingga saat ini, WhatsApp tercatat sudah bisa diunduh di tujuh perangkat berbasis KaiOS, yaitu Cat B35, Doro 7060, JioPhone (Reliance Jio), JioPhone 2, MTN Smart, Nokia 8110, dan Orange Sanza.

Nokia 8110 atau yang beken dikenal sebagai Nokia Pisang. [Shutterstock]
Nokia 8110 atau yang beken dikenal sebagai Nokia Pisang. [Shutterstock]

 

Ponsel-ponsel dengan sistem operasi KaiOS banyak dipasarkan di negara-negara berkembang seperti India dan Afrika.

KaiOS sendiri pada mulanya merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari Firefox OS. Sistem operasi ini disokong oleh Google.

Oleh karena itu, semua perangkat yang menggunakan KaiOS memiliki fitur Google Assistant.

Sistem operasi KaiOS inilah yang menjadi rahasia dibalik Nokia Pisang yang bisa menjalankan aplikasi WhatsApp. (Suara.com/ Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini