Selasa, 17 September 2019

Siap-siap, Tahun Depan Smartphone dengan Kamera 108 MP Segera Rilis

Jika Huawei serius menggarap teknologi satu ini, dapat dipastikan jika vendor smartphone ini akan bersaing ketat dengan Samsung mengeluarkan smartphone dengan kamera 108 MP.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Kamera Smartphone Huawei, Oppo Reno, dan Samsung. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Sejauh ini, vendor smartphone diketahui baru merilis perangkat dengan resolusi kamera 64 MP. Menurut prediksi banyak pihak, tahun depan smartphone dengan kamera 108 MP segera rilis. Penasaran?

Berbicara mengenai tren kamera tahun 2018 ini, kamu akan langsung menyebut kamera 64 MP atau kamera optical zoom yang sedang marak digunakan oleh berbagai vendor smartphone.

Dilansir dari Wccftech, Ice Universe yang diketahui sering membuat berbagai bocoran terkait smartphone, menyebutkan jika tahun depan nanti kemungkinan smartphone dengan kamera 108 MP akan rilis.

Tidak hanya itu, kamera 108 MP ini disebut-sebut juga akan dibekali dengan 10x optical zoom tanpa mengurangi kualitas gambar.

Rumor lain menyebutkan jika kamera 108 MP ini kemungkinan akan dimiliki oleh vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung.

Logo Samsung. (unsplash/Kote Puerto)
Logo Samsung. (unsplash/Kote Puerto)

 

Namun, prediksi lain justru menyebutkan jika vendor smartphone asal China, Huawei kemungkinan akan menjadi yang pertama untuk menjajal kamera 108 MP.

Hal ini semakin diperkuat dengan pernyataan seorang eksekutif Huawei yang menyampaikan rencananya untuk membuat smartphone di masa depan dengan zoom lossless 10x.

Jika Huawei serius menggarap teknologi satu ini, dapat dipastikan jika vendor smartphone ini akan bersaing ketat dengan Samsung.

Mengutip Wccftech, kamera 108 MP ini kemungkinan besar akan menggunakan teknologi Pixel Pinning yang dibekali di beberapa smartphone dengan kamera 48 MP lainnya.

Teknologi Pixel Pinning ini dipercaya dapat meningkatkan aspek kejernihan dan ketajaman gambar yang diambil penggunanya. Tidak hanya meningkatkan aspek kejernihan dan ketajaman, teknologi ini juga dapat meningkatkan jumlah piksel.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Salah satu hal yang penting dan harus menjadi pekerjaan rumah vendor smartphone yang tertarik menggarap kamera 108 MP di smartphone-nya adalah mematiskan bahwa chipset yang digunakan dapat mendukung kamera tersebut.

Selain dukungan dari chipset, dukungan ukuran aperture hingga ukuran sensor keseluruhan juga perlu diperhatikan untuk menghasilkan foto terbaik.

Seolah satu suara, Qualcomm dan Suisse diketahui juga pernah memprediksi kedatangan kamera dengan resolusi hingga 150 MP di tahun 2020 mendatang.

Menjadi kejutan di tahun 2020 mendatang, bersiap menyambut kedatangan smartphone dengan resolusi kamera hingga 108 MP ya.

Terkait

Terkini