Minggu, 25 Agustus 2019

Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Sinyal Hilang di Smartphone

Jika bukan karena masalah operator, beberapa cara ini mungkin bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kembali kekuatan sinyal kamu.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi menggunakan smartphone. (pixabay/vitabello)

Hitekno.com - Siapa saja pasti sulit lepas dari yang namanya smartphone. Auto panik, kamu pasti langsung kebingungan saat smartphone kehilangan sinyal. Tidak perlu panik lagi, berikut tips dari tim HiTekno.com untuk menangani masalah hilang sinyal di smartphone.

Mengenai smartphone yang mengalami hilang sinyal, bisa saja terjadi karena masalah operator seluler. Namun, selain karena masalah operator seluler, hal ini bisa saja terjadi karena perangkat kamu yang mengalami error.

Saat tiba-tiba sinyal perangkat kamu hilang, pastikan penyebabnya apa ya. Jika bukan karena masalah operator, beberapa cara ini mungkin bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kembali kekuatan sinyal kamu.

Yang pertama, aktifkan mode penerbangan. Tips satu ini biasanya digunakan oleh siapa saja saat perangkat mendadak hilang sinyal.

Ilustrasi menggunakan smartphone. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi menggunakan smartphone. (pixabay/rawpixel)

 

Untuk mencoba tips ini, usai mengaktifkan mode penerbangan, silahkan nonaktifkan lagi. Jika berhasil, sinyal smartphone kamu bisa langsung bekerja seperti biasa.

Kedua, saat hilang sinyal, kamu bisa langsung melakukan restart untuk memulai sistem baru. Tujuan tips kedua ini adalah untuk mengaktifkan sistem sehingga dapat menghilangkan permasalah yang muncul.

Tips selanjutnya adalah mencari sinyal secara manual. Biasanya untuk beberapa smartphone, tips satu ini dapat dilakukan.

Ilustrasi menggunakan smartphone. (pixabay/nastya_gepp)
Ilustrasi menggunakan smartphone. (pixabay/nastya_gepp)

 

Caranya, dengan masuk ke 'Settings' ke 'Network & Connections', lalu ke Mobile Network. Selanjutnya pilih 'Operator' dan 'Select Automatically', dalam pilihan ini dapat langsung kamu gunakan untuk mencari sinyal secara manual.

Selanjutnya, agak sedikit repot, periksa pemasangan kartu SIM. Biasanya, masalah perangkat yang hilang sinyal dikarenakan oleh pemasangan kartu SIM yang tidak tepat.

Mencabut kartu SIM dari tempatnya lalu memasangnya kembali bisa menjadi solusi dari masalah kamu terhadap hilang sinyal.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat smartphone mengalami hilang sinyal. Jadi, tidak perlu panik dan khawatir lagi saat meghadapi hal ini ya.

Terkait

Terkini