Minggu, 17 November 2019

Jadi Sarang Kuman, Begini Cara Tepat Bersihkan Bodi Smartphone

Menyentuh permukaan smartphone dengan tangan kotor juga menjadi pemicu munculnya timbunan kuman yang berkembang biak.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
Ilustrasi smartphone. (unsplash/Dũng Trần Việt)

Hitekno.com - Smartphone saat ini menjadi salah satu perangkat yang sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bicara kedekatan, smartphone dan tangan manusia menjadi pasangan yang selalu berkaitan. Tanpa disadari, saat digenggam, keduanya saling memindahkan berbagai kuman.

Untuk itu, membersihkan bodi smartphone secara bertahap tentu bisa membantu kamu terhindar dari berbagai kuman yang bersarang di perangkat yang kamu gunakan tersebut.

Dalam beberapa penelitian, tangan manusia dipercaya sebagai penyebab kuman-kuman ini hidup di permukaan smartphone. Apalagi perangkat smartphone saat ini menggunakan fitur touch screen yang mempermudah perpindahan kuman.

Menyentuh permukaan smartphone dengan tangan kotor juga menjadi pemicu munculnya timbunan kuman yang berkembang biak.

Dilansir dari Huffpost, setidaknya ada 17 ribu bakteri ditemukan dan berada di permukaan smartphone. Jumlah ini dipercaya lebih banyak jika dibandingkan dengan total kuman yang ada di dudukan toilet.

Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/BENCE BOROS)

 

Beberapa jenis kuman yang biasanya hidup dan berkembang biak di bodi smartphone adalah streptococcus, MRSA, dan E-coli. Walaupun tidak berbahaya, bakteri-bakteri ini sangat tidak disarankan jika masuk ke tubuh manusia.

Walaupun tidak berbahaya, bakteri E-coli dipercaya datang dari kebiasaan membawa smartphone ke kamar mandi. Bakteri ini biasanya hidup di usus manusia dan hewan. Efeknya jika di manusia adalah menyebabkan diare ringan dan infeksi usus serius.

Agar terhindar dari kuman yang bersarang di perangkat smartphone kamu, dilansir dari Huffpost, berikut beberapa cara pembersihan yang bisa kamu lakukan.

Ilustrasi smartphone. (unsplash/Tirza van Dijk)
Ilustrasi smartphone. (unsplash/Tirza van Dijk)

 

Yang perlu kamu siapkan adalah alkohol, air dan kamu mikrofiber yang lembut. Sebagai liquid, kamu perlu mencampurkan alkohol dan air dengan takaran yang sesuai.

Selanjutnya celupkan kain mikrofiber tersebut dan bersihkan permukaan smartphone dengan perlahan. Jika smartphone yang kamu gunakan tidak tahan air, kamu bisa menggunakan tisu kering untuk membersihkan permukaan smartphone dari sarang kuman.

Menjaga agar smartphone tidak lagi menjadi sarang kuman, hentikan kebiasaan membawa perangkat ini ke dalam kamar mandi dan ruangan terbuka yang rentan perpindahan kuman ya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.

Terkait

Terkini