Minggu, 25 Agustus 2019

Mana yang Lebih Baik, Chatting Pakai WhatsApp atau iMessage?

Ini perbedaan antara WhatsApp dan iMessage.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Jamie Street)

Hitekno.com - Aplikasi chatting, WhatsApp populer telah menngumpulkan lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia. Namun aplikasi chatting ini memiliki pesaing besar, yaitu iMessage miliki Apple.

Tahun lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan pada investor bahwa layanan iMessage Apple merupakan pesaing terbesar Facebook.

Keduanya, baik WhatsApp maupun iMessage ini cukup mirip pada sebagian besar aspek. Keduanya memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan, foto, video, rekaman suara dan emoji ke kontak mereka.

WhatsApp dan iMessage juga memungkinkan pengguna melakukan telepon maupun video call, namun mana yang lebih baik antara keduanya?

Perihal Keamanan

Ilustrasi chatting [Pixabay].
Ilustrasi chatting [Pixabay].

 

Kedua aplikasi chatting menggunakan enkripsi end-to end untuk memastikan data pengguna aman.

Hal ini memastikan bahwa pesan tidak terlihat oleh pemerintah, peretas atau penyedia.

Apple mengenkripsi pesan yang dikirim ke dan perangkat hanya dalam ekosistemnya. Seperti, jika pengguna menggunakan iMessage untuk mengirim pesan ke pengguna Android pesan itu tidak dienkripsi.

WhatsApp melakukan pekerjaan yang lebih baik di bidang keamanan. Ia menggunakan enkripsi end-to end untuk semua percakapan termasuk panggilan suara dan video.

Tak seperti iMessage, itu tidak menyimpan kunci enkripsi dengan sendirinya, yang berarti pesan tidak dapat diakses oleh siapapun selain pengirim dan penerima.

Selain itu, WhatsAp tidak dapat mengakses percakapan pengguna karena tidak menyimpan pesannya.

Namun hal ini tak berlaku, WhatsApp membagikan metadata perpesanan dengan Facebook yang tak memiliki rekam jejak dalam hal privasi dan keamanan pengguna.

Apabila pengguna menggunakan nomor telepon yang sama untuk Facebook dan WhatsApp, maka profil pengguna saling terkait.

Adanya lintas platform

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)

 

WhatsApp adalah layanan lintas platform yang juga tersedia di iOS, Android, Windows 10, macOS, Blackberry bahkan Symbian. Pengguna bisa mengunduh WhatsApp dan langsung bisa menggunakannya,

Pengguna hanya perlu memindai kode QR dari platform ke aplikasi WhatsApp di smartphone pengguna.

Sedangkan, aplikasi iMessage yang diinstall di iPhone, iPad, Mac dan Apple Watch pengguna hanya bisa menyinkronkan pesan di semua perangkat Apple yang masuk ke akun Apple pengguna.

Namun iMessage tak dapat digunakan pengguan di PC biasa, mereka harus menggunakan produk Apple juga untuk bisa tetap mengakses iMessage di lintas platform.

Jadi kini terserah pengguna untuk menggunakan aplikasi WhatsApp atau iMessage untuk melakukan chatting.

Terkait

Terkini