Minggu, 17 November 2019

Bukan HongMeng, Ini Nama Sistem Operasi Baru Huawei

Huawei menyiapkan sistem operasi baru, namun bukan bernama HongMeng.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Huawei P30 Pro. (Nikkei)

Hitekno.com - Huawei diketahui telah mengembangkan sistem operasi yang mereka namakan HongMeng. Namun bukan nama ini yang akan mereka pakai secara global.

Mengutip dari GSM Arena, Huawei dilaporkan telah mendaftarkan nama untuk sistem operasi mereka. Yang sekaligus mengkonfirmasi adanya sistem operasi baru.

Perusahaan teknologi asal China ini telah mendaftarkan sistem operasi barunya dengan nama Harmony ke European Union Intellectual Property Office.

Harmony didaftarkan di eropa sebagai sistem operasi untuk perangkat mobile dan komputer. Sehingga tidak terbatas pada smartphone saja.

Pendaftaran ini dilakukan Huawei sejak 12 Juli 2019 kemarin. Dan hingga saat ini sedang dalam tahap pemeriksaan pihak terkait di Eropa.

Sebelumnya, sempat ramai sistem operasi baru Hauwei untuk menggantikan Android pada smartphone mereka. HongMeng disebut-sebut sebagai kandidat utamanya.

Namun dalam perkembangan, HongMeng malah disebut-sebut tidak didesain khusus untuk smartphone. Bahkan disebut bukan sebagai pengganti Android di smartphone Huawei.

Logo Huawei. (Huawei)
Logo Huawei. (Huawei)

 

Nama HongMeng pun disebut-sebut tak akan dipakai Huawei sebagai versi global sistem operasi ini. Nama Ark dan Oak langsung naik sebagai HongMeng untuk versi global.

Kabar ini malah makin simpang siur, setelah Huawei resmi mendaftarkan Harmony sebagai nama sistem operasi baru mereka.

Apakah Harmony adalah nama global dari HongMeng yang akan digunakan Huawei? Perusahaan China ini memang mengkonfirmasi sistem operasi tersebut untuk berbagai perangkat.

Dari komputer, router, server, dan tidak menutup kemungkinan untuk smartphone. Namun Huawei tidak berniat menggantikan Android untuk smartphone mereka.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari sistem operasi baru Huawei ini. Untuk apakah Harmony didatangkan, apakah sebagai pengganti Android atau yang lain?

Terkait

Terkini