Senin, 26 Agustus 2019

Huawei: HongMeng Tidak untuk Smartphone, Bukan Pengganti Android Juga

Makin simpang siur saja sistem operasi baru Huawei ini.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Banyak yang sudah menantikan sistem operasi baru dari Huawei yang disebut-sebut sebagai pengganti Android. Yaitu sistem operasi HongMeng yang akan digunakan Huawei.

Namun kabar terbarunya malah tak seperti yang dibayangkan kebanyakan orang. Sistem operasi HongMeng ini dihadirkan Huawei bukan untuk smartphone di masa depan.

HongMeng juga bukan ditujukan untuk pengganti sistem operasi Android. Kabar ini diungkapkan sendiri oleh chariman Huawei, Liang Hua pada Jumat (12/7/2019).

"Kami belum memutuskan apakah HongMeng dapat dikembangkan sebagai sistem operasi smartphone di masa depan," kata Liang Hua seperti dikutip dari Forbes.

Kehadiran HongMeng menguat setelah banned dari pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Huawei. Di mana Google tidak diperbolehkan bekerja sama dengan Huawei.

Dengan tidak adanya dukungan Google pada Android yang digunakan Huawei, perusahaan asal China ini memutuskan sistem operasi alternatif.

Namun dengan melunaknya hubungan AS-China, Huawei nampak bisa bernapas lega, karena nantinya tetap bisa memakai sistem operasi Android seperti sediakala.

Chairman Huawei, Liang Hua. (Huawei)
Chairman Huawei, Liang Hua. (Huawei)

 

Liang Hua juga mengutip perkataan CEO Huawei, Ren Zhengfei kepada media Perancis, Le Point yang mengatakan kalau HongMeng tidak didesain untuk smartphone seperti yang dipikirkan banyak orang.

"Kami tidak mengembangkan sistem operasi untuk mengganti Google - dan jika Google menarik sistem operasi (Android) dari Huawei, kami harus membangung ekosistem karena kami belum memiliki rencana yang jelas," kata CEO Huawei yang dikutip Liang Hua.

Bos Huawei, Ren Zhengfei. (Huawei)
CEO Huawei, Ren Zhengfei. (Huawei)

 

Berbeda dengan perkataan dua petinggi Huawei di atas, CEO Consumer Business Huawei, Ricard Yu mengungkapkan kalau di China mereka akan mengungkap sistem operasi baru.

Disebutkan kalau sistem operasi terbaru ini bakal diungkap pada musim semi nanti. Sistem operasi ini telah mereka kembangkan sejak 2012 yang lalu.

"Bakal kompatibel dengan aplikasi Android dan aplikasi web lainnya dan berjalan dengan peningkatan performa hingga 60 persen (dibanding Android)," kata Ricard Yu Mei 2019.

Terkait sistem operasi baru Huawei ini sampai sekarang masing saja simpang siur. Ada yang menyebutkan kalau HongMeng akan digunakan pada Huawei Mate 30 nanti.

Terkait

Terkini