Senin, 22 Juli 2019

Cari Laptop Tipis Tapi Punya Port Banyak? Ini Jawabannya

Laptop tipis ini punya 3 port USB type-A, 1 USB type-C, HDMI, dan masih banyak lainnya.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Laptop tipis Vaio SX12. (Vaio Japan)

Hitekno.com - Salah satu masalah dari ultrabook atau laptop tipis adalah jumlah port konektivitas yang terbatas. Dari tidak adanya port display, hingga sedikitnya jumlah port USB.

Namun buat kamu yang mencari laptop tipis, ringan dan mudah dibawa-bawa, memang banyak pilihannya. Namun bagimana dengan yang punya banyak port konektivitas?

Tenang kini ada jawabannya, Vaio SX12 dengan bentuk tipis dan compact namun punya segudang port konektivitas. Laptop ini baru saja dikenalkan Vaio kepada publik.

Laptop Vaio SX12 ini memiliki ukuran layar 12,5 inci dengan rasio 16:9. Layar ini mengusung resolusi FullHD alias 1920x1080 piksel dengan permukaan anti-glare.

Ukuran laptop ini sendiri hanya 287,8 x 203,3 x 15,7 mm saja. Dengan berat 888 gram saja, membuat laptop tipis ini mudah dibawa-bawa.

Soal spesifikasi, Vaio SX12 memiliki pilihan prosesor dari Intel Celeron 4205U, Core i3-8145U, Core i5-8265U, hingga tertingginya Core i7-8565U.

Terdapat pilihan RAM 4 GB hingga 8 GB, sedangkan jika memakai prosesor Intel Core i7-8565U ada pilihan RAM 16 GB. Semua pilihannya telah dilengkapi dengan storage SSD.

Laptop tipis Vaio SX12. (Vaio Japan)
Laptop tipis Vaio SX12. (Vaio Japan)

 

Soal port konektivitas, tak perlu ditanya lagi. Di sisi kanan Vaio SX12 memiliki SD card reader, USB type-A, USB type-C, HDMI, LAN port RJ-45, dan VGA port.

Ya, benar laptop tipis ini masih memberikan VGA port meski sudah ada HDMI. Ditambah lagi, USB type-C laptop ini juga telah mendukung display hingga resolusi 4K.

Di sebelah kiri kamu akan menemukan port charger, kensington lock, dua buah USB type-A, dan port audio combo. Selain itu di kiri ada lubang pembuangan panas.

Laptop ini memiliki port charger selayaknya laptop umumnya. Padahal USB type-C yang bisa digunakan mendukung Power Dilivery untuk pengisian daya.

Ketika kamu lupa bawa charger, laptop tipis ini bisa di-charge dengan charger smartphone 5 volt, atau memakai power bank yang mendukung Power Dilivery juga.

Laptop tipis Vaio SX12. (Vaio Japan)
Laptop tipis Vaio SX12. (Vaio Japan)

 

Saat ini Vaio SX12 ini baru tersedia untuk pasar jepang saja dengan harga mulai dari 119.800 yen atau Rp 15 jutaan. Untuk varian tertingginya 216,800 yen atau Rp 28 jutaan.

Laptop baru ini tersedia dalam empat buah pilihan warna, dari hitam, silver, coklat, dan mewah mudah. Dan telah mendapatkan Windows 10 64-bit sebagai sistem operasi.

Apakah kamu minat dengan laptop tipis Vaio SX12 ini? Nampaknya kamu harus mengimportnya dari Jepang, karena tidak akan meluncur resmi ke Indonesia.

Terkait

Terkini