Sabtu, 21 September 2019

Disebut Berkonflik dengan Jony Ive, Tim Cook Akhirnya Angkat Bicara

Tim Cook langsung dengan tegas menanggapi rumor yang menyebutkan konflik antara dirinya dan Jony Ive.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cover_caption
CEO Apple, Tim Cook mengenalkan Mac Pro 2019 di WWDC 2019. (Apple)

Hitekno.com - Kabar mengenai hengkangnya Jony Ive dari Apple sepertinya tidak juga habis diperbincangkan. Walaupun menyebut bahwa Chief Design Officer ini keluar baik-baik, masih saja ada yang menyebutkan jika Jony Ive berkonflik dengan Tim Cook. Tidak terima dengan kabar ini, Tim Cook akhirnya angkat bicara.

Rumor ini datang pertama kali dari laman Wall Street Journal yang menyebut bahwa hubungan antara Jony Ive dan Tim Cook tidak terlalu baik dan sering terlibat cekcok selama keduanya bekerja bersama.

Dalam laporannya tersebut disebutkan bahwa Jony Ive merasa tertekan dengan Tim Cook yang sering kali bersikap seolah tidak peduli mengenai proses desain produk. Hal ini berbeda jauh dengan masa Steve Jobs yang pada saat itu begitu memperhatikan desain produk-produk Apple.

Selain masalah tersebut, Jony Ive juga disebut merasa tertekan karena direksi Apple yang memiliki banyak eksekutif dengan pengalaman kerja yang tidak ada hubungannya dengan bisnis perusahaan asal Amerika Serikat ini.

Salah satu rumor mengenai masalah Jony Ive dan Apple adalah mengenai Apple Watch. Saat pertama kali dibuat, Apple Watch ini dijual sebagai aksesori fashion bukan untuk kelanjutan produk Apple.

Jony Ive. (Wikipedia/Marcus Dawes)
Jony Ive. (Wikipedia/Marcus Dawes)

 

Tidak diketahui dengan pasti apakah rumor mengenai konflik Jony Ive dan Tim Cook beserta tim Apple ini benar terjadi atau hanya rumor. Namun, seolah jengah dengan kabar yang beredar, Tim Cook akhirnya angkat bicara.

Dilansir dari NBC News, Tim Cook langsung dengan tegas menanggapi rumor yang menyebutkan konflik antara dirinya dan Jony Ive.

Dengan tegas Tim Cook menjelaskan bahwa rumor tersebut terlalu absurd dan tidak sesuai dengan kenyataan. Menurutnya Jony Ive dan tim desain Apple berkembang sangat baik.

Tim Cook tanggapi konfliknya dengan Jony Ive. (twitterDylanByers)
Tim Cook tanggapi konfliknya dengan Jony Ive. (twitterDylanByers)

 

''Kami tahu kebenarannya dan kami tahu hal-hal luar biasa yang mampu mereka lakukan. Proyek-proyek yang dikerjakan oleh mereka akan membuatmu terpukau..'' tulis Tim Cook dalam email yang ia kirimkan untuk Dylan Byers, reporter NBC News.

Email yang langsung dikirimkan Tim Cook untuk Dylan Byers ini justru membuat banyak pihak salah fokus. The Verge bahkan mengakui sikap pemimpin Apple ini yang dirasa sangat baik dalam menanggapi masalah perombakan internal Apple.

Hengkangnya Jony Ive ini tentu cukup berpengaruh pada Apple. Namun, Apple dan Jony Ive memastikan bahwa hubungan kerja sama antar keduanya akan terus terjalin meski sudah berbeda perusahaan.

Terkait

Terkini