Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 01 Juli 2019 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Baterai kembung menjadi salah satu masalah yang cukup sering dihadapi pengguna smartphone. Baterai smartphone yang membengkak ini ternyata bisa membahayakan.

Dari membuat casing smartphone membengkak, baterai kembung juga bisa menimbulkan banyak masalah. Dari bocor yang menyebabkan kerusakan bagian lain, hingga meledak.

Smartphone meledak paling umum terjadi karena masalah baterai. Agar hal ini tidak terjadi, baterai smartphone harus dirawat dengan baik.

Masalah lain yang ditimbulkan baterai kembung adalah daya yang cepat habis. Sehingga baterai smartphone tak akan tahan lama untuk pemakaian sehari-hari.

Pasti sebal jika kondisi baterai smartphone sudah seperti ini. Karena itu, jangan sampai mengalami baterai kembung yang menyebalkan ini.

Berikut ini 5 tips menghindari baterai kembung dan tetap sehat.

1. Hindari panas berlebih

Ilustrasi baterai kembung. (Smartphone Battery Facts).

 

Panas adalah salah satu musuh utama baterai smartphone. Dari panas saat pengisian daya, panas saat pemakaian, hingga panas karena terik matahari.

Menjaga suhu smartphone menjadi kunci penting dalam menjaga baterai. Sebaiknya lepas casing saat mengisi daya, atau saat mulai terasa hangat.

2. Jangan pakai smartphone sambil nge-charge

Ilustrasi bermain game. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Paling umum terjadi adalah memakai smartphone dengan intensitas tinggi sambil mengisi daya. Paling banyak terjadi adalah main game di smartphone sambil mengisi daya.

Hindari kebiasaan ini karena bisa membahayakan baterai smartphone. Bukan satu-dua kasus saja terjadi smartphone meledak saat smartphone dipakai sambil mengisi daya.

3. Jangan biarkan baterai sampai kosong

Ilustrasi smartphone kehabisan baterai. (Pixabay)

 

Mengisi baterai dari kondisi kosong melompong pasti membutuhkan waktu yang lama dan panas. Suhu tinggi dalam jangka waktu lama ini bisa memicu baterai kembung.

Jika punya smartphone yang tidak terpakai, jangan lupa isi dulu sampai penuh sebelum dibiarkan mati. Sebelum benar-benar kosong, jangan lupa diisi lagi.

4. Segera cabut charger setelah penuh

Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay/ReadyElements)

 

Kasus overcharge juga sering terjadi, yang bisa membuat baterai memanas. Parahnya, pengisian yang berlebihan membuat baterai kembung hingga meledak.

Jika kamu melakukan pengisian daya, sebaiknya segera cabut saat sudah penuh. Atau cabut saja saat baterai di kisaran 95 persen atau lebih.

5. Jangan sembarang gunakan charger

Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay)

 

Jangan memakai sembarang charger, karena setiap smartphone mempunyai spesifikasi yang berbeda. Paling sering terjadi memakai charger berdaya besar yang tidak didukung smartphone.

Hal ini bakal menyiksa baterai smartphone, dari menimbulkan panas berlebihan, baterai kembung, hingga meledak. Memakai charger asli adalah cara paling aman.

Itulah 5 tips menghindari baterai kembung yang bisa membahayakan smartphone. Ingat, baterai yang sehat membuat smartphone tahan lama juga.