Rabu, 21 Agustus 2019

Bukan di Amerika Serikat, Apple Mac Pro akan Dirakit di China

Sebagian besar produk Apple diproduksi di China, jadi tak sepenuhnya Apple menggeser pabriknya ke luar negeri.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Apple [pixabay].

Hitekno.com - Kabar mengejutkan baru-baru ini datang dari perusahaan besutan Steve Jobs, Apple. Kabarnya Apple Pro Mac terbaru akan dirancang di China.

Tak seperti model sebelumnya, perangkat Apple dirakit di pabrik di Austin, Texas sejak tahun 2013, kini pabrik tersebut bergeser di China.

Dilansir dari The Verge, sebagian besar produk Apple diproduksi di China, jadi tak sepenuhnya Apple menggeser pabriknya ke luar negeri.

Hal ini disebabkan industri teknologi menghadapi prospek tarif 25 persen impor dari China yang dapat memiliki implikasi politik bagi perusahaan yang secara teratur dipanggil oleh Presiden Trump untuk tidak membuat produk di Amerika Serikat.

Ketika Apple mengumumkan generasi sebelumnya dari Mac Pro, itu membuat masalah besar tentang fakta bahwa komputer akan dirakit di Amerika serikat.

CEO Apple, Tim Cook mengenalkan Mac Pro 2019 di WWDC 2019. (Apple)
CEO Apple, Tim Cook mengenalkan Mac Pro 2019 di WWDC 2019. (Apple)

 

Namun menjelang pengumuman tersebut, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa itu adalah sesuatu yang telah Apple kerjakan untuk waktu yang lama untuk mewujudkannya dia ia bangga akan hal itu.

Tetapi pelatihan dan alat khusus yang dibutuhkan untuk merakit Mac Pros memperlambat produksi, menciptakan kemacetan ketika sedang permintaan tinggi.

Apple tampaknya telah merencanakan untuk memindahkan perakitan pada Mac Pro baru ke China dalam waktu yang lama.

Pada tahun 2016, Bloomberg pernah melaporkan bahwa tantangan manufaktur yang dialami dengan produksi Amerika serikat membuat para insinyur ingin kembali sehingga mereka memiliki akses kemampuan manufaktur yang lebih murah dan lebih maju.

Pihak Apple juga mengatakan bahwa Mac Pro terbaru mereka akan memiliki beberapa komponen buatan Amerika Serikat dan mendukung produksi di 30 negara bagian Amerika Serikat dengan pembelanjaannya untuk pemasok.

Terkait

Terkini