Sabtu, 14 Desember 2019

Penjualan iPhone yang Memburuk Bikin Samsung Tak Bahagia, Ini Alasannya

Hubungan Apple dan Samsung memang complicated, jadi pesaing sekaligus partner.

Agung Pratnyawan
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

Hitekno.com - Apple dengan iPhone bisa dibilang jadi pesaing Samsung di pasar smartphone. Namun penjualan iPhone yang memburuk juga berdampak pada Samsung.

Kompetitor utamanya mengalami penjualan yang memburuk, kenapa membuat Samsung tak bahagia? Hubungan Apple dan Samsung memang complicated.

Samsung selain sebagai kompetitor dari Apple namun juga sebagai partner dan supplier. Samsung juga jadi salah satu suplier utama Apple untuk iPhone.

Seperti diketahui, Samsung memproduksi banyak part yang digunakan oleh iPhone. Salah satunya adalah layar OLED yang digunakan Apple untuk iPhone.

Menurut laporan ETNews, penjualan iPhone yang tak jauh dari target membuat Apple harus berhutang ke Samsung. Kenapa bisa? Tidak lain urusannya dengan produksi layar OLED.

Apple mendapatkan pinalty karena tak membeli layar OLED sebanyak yang disepakati. Padahal Samsung Display telah membangun fasilitas eksklusif yang memproduksi layar OLED untuk iPhone.

Dan Apple telah meminta Samsung Display memproduksi 100 juta layar OLED untuk iPhone. Namun Apple tak mampu menjual iPhone sebanyak yang ditargetkan.

iPhone X dan iPad. (unsplash/Daniel Korpai)
iPhone X dan iPad. (unsplash/Daniel Korpai)

 

Karena itu juga, Apple tak bisa membeli layar OLED dari Samsung Display sebanyak yang pernah dimintanya. Ini berdampak pada keuntungan Samsung Display yang berkurang setengah dalam setahun.

Pendapatan Samsung Display yang mencapai 5,7 triliun won atau sekitar Rp 69 triliun di 2017. Namun pada 2018 pendapatan mereka hanya 2,62 triliun won atau sekitar Rp 32 triliun.

Mengutip dari 9to5Mac, Samsung Display menjatuhi penalty ke Apple sebanyak 100 miliar won atau sekitar Rp 1,2 triliun.

iPhone X. (unsplash/ Daniel Korpai).
iPhone X. (unsplash/ Daniel Korpai).

 

Dilaporkan juga kalau Apple tidak mungkin membayar denda ini dalam bentuk tunai. Sebagai gantinya Apple menawarkan kontrak tambahan ke Samsung Display.

Apple melakukan order layar OLED tambahan ke Samsung Display sebagai kompensasi atau pengganti penalty yang harus dibayarkan.

Kita nantikan saja, perkembangan hubungan Apple dan Samsung ke depannya. Apakah penjualan iPhone bakal membaik? Bisakah penjualan iPhone membaik untuk bayar hutang?

Terkait

Terkini