Rabu, 11 Desember 2019

48 MP Masih Kurang, Xiaomi Garap Smartphone dengan Kamera 64 MP

Ternyata kamera 64 MP sudah siap digunakan smartphone.

Agung Pratnyawan
Kamera Xiaomi Mi 9. (Mi.com)
Kamera Xiaomi Mi 9. (Mi.com)

Hitekno.com - Xiaomi sedang rajin menggunakan kamera 48 MP untuk smartphonenya. Jika 48 MP masih kurang, Xiaomi menggarap smartphone dengan kamera 64 MP.

Beberapa smartphone telah memakai sensor kamera 48 MP, baik buatan Samsung maupun Sony. Seperti Redmi 7, Redmi 7 Pro, OnePlus 7 Pro, hingga Asus ZenFone 6.

Mengutip dari XDA Developers, Xiaomi tengah mengembangkan smartphone dengan kamera 64 MP. Hal ini diungkap dari source kode yang termuat dalam MIUI Camera app.

Petunjuk ini didapatkan dalam aplikasi kamera development ROM MIUI 10 versi 9.6.17 untuk Redmi K20 Pro. Di dalamnya terdapat petunjuk kalau ada mode "ultra-pixel" dan tulisan "64MP Dual Camera" untuk watermark.

Pastinya tulisan watermark ini mengindikasikan kalau adanya sensor kamera 64 MP yang sedang dikembangkan oleh Xiaomi. Namun sensor apa yang akan digunakan.

Saat ini sensor yang bisa mencapai resolusi ini hanyalah Samsung ISOCELL Bright GW1. Sensor Samsung ini bisa menghasilkan foto bereseolusi 64 MP.

Sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 ini memakai ukuran pixel 0.8 μm dan mendukung 4-in-1 Tetrcell. Teknologi ini mirip dengan Pixel Binning yang digunakan dalam kamera 48 MP.

Xiaomi Mi 9. (Mi.com)
Xiaomi Mi 9. (Mi.com)

 

Cara kerjanya, mengandalkan sensor 16 MP untuk mengambil gambar berkali-kali untuk mengumpulkan informasi dalam menghasilkan foto 64 MP.

Teknologi ini juga diklaim dapat meningkatkan kualitas foto ketika dalam kondisi kurang cahaya. Karena dapat menangkap cayaha lebih banyak dibanding cara konvensional.

Samsung telah lama mengerjakan sistem sensor kamera seperti ini, termasuk kamera 48 MP yang digunakan Redmi Note 7. Dan kini Xiaomi ingin memakai sensor kamera 64 MP dari Samsung juga.

Kabar ini didukung oleh i ice universe melalui akun Weibonya. Akun yang sering membocorkan informasi smartphone baru ini mengungkap pemakaian sensor Samsung 64 MP untuk smartphone Redmi.

Kita tunggu saja sampai apakah Xiaomi benar memakai kamera 64 MP untuk smartphone terbarunya. Atau malah Samsung yang lebih dulu memakai kamera ini?

Terkait

Terkini