Sabtu, 21 September 2019

Waduh, Muncul Iklan di Lock Screen Smartphone Huawei

Ini smartphone Huawei lho, bukan Xiaomi.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Huawei P30. (Huawei)

Hitekno.com - Pengguna smartphone Huawei di berbagai negara tiba-tiba dikagetkan dengan munculnya iklan di lock screen. Ada apa gerangan kenapa bisa ada iklan di sana?

Selama ini Huawei dikenal cukup bersih menjaga produk mereka. Namun tiba-tiba ada iklan di lock screen smartphone Huawei jelas bikin kaget penggunanya.

Bukan hanya di smartphone murah saja, untuk kelas premium pun ditemukan iklan. Bahkan iklan muncul di Huawei P30 Pro, P20, P20 Lite, hingga smartphone Honor pun muncul.

Mengutip dari Android Police, iklan ini tidak muncul di semua negara. Beberapa pengguna smartphone Huawei di Eropa yang sejauh ini melaporkan munculnya iklan ini.

Antara lain negara Inggris, Belanda, Irlandia, Norwegia, Jerman, dan Afrika Selatan yang ditemukan iklan pada lock screen smartphone Huawei.

Sejauh ini belum ada laporan smartphone Huawei di Indonesia yang kedapatan muncul iklan serupa. Nampaknya pengguna Huawei di Tanah Air bisa lega.

Lalu iklan seperti apa yang muncul di lock screen smartphone Huawei tersebut? Kenapa bisa-bisanya Huawei memasang iklan di sana?

Muncul iklan di lock screen smartphone Huawei. (Twitter/ @ValexWhoa)
Muncul iklan di lock screen smartphone Huawei. (Twitter/ @ValexWhoa)

 

Iklan ini muncul pada smartphone Huawei yang mengaktifkan random landscape backgrounds yang menjadi bawaan. Yang akhirnya malah menampilkan iklan dari sebuah agen wisata.

Banyak pengguna smartphone Huawei ini mengungkapkan kekesalan mereka ke media sosial Twitter. Banyak yang protes kenapa Huawei tiba-tiba seperti ini.

Untuk menghilangkan iklan ini sebenarnya sangat mudah. Cukup tidak memakai background wallpaper yang otomatis. Pasang wallpaper secara manual yang bukan bawaan Huawei.

Muncul iklan di lock screen smartphone Huawei. (Twitter/ @efjspencer)
Muncul iklan di lock screen smartphone Huawei. (Twitter/ @efjspencer)

 

Menurut yang diwartakan Engadget, saat ini Huawei belum mengetahui kenapa bisa terjadi. Dan pihak Huawei sedang melakukan penyelidikan kenapa bisa muncul ikan tersebut.

Apakah ini kesengajaan dari Huawei untuk meraup lebih banyak untung. Atau memang ada alasan lain kenapa iklan ini bisa muncul di lock screen smartphone Huawei tersebut?

Atau Huawei mau ikut-ikutan pasang iklan di smartphone seperti brand lain? Buat pengguna smartphone Huawei, apakah menemukan iklan di lock screen kamu?

Terkait

Terkini