Minggu, 16 Juni 2019

Qualcomm Bakal Pindahkan Produksi Snapdragon dari TSMC ke Samsung

Tak hanya Qualcomm yang ingin balik ke Samsung, ini beberapa di antaranya.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Ilustrasi chipset Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm)

Hitekno.com - Qualcomm telah beberapa tahun lalu memindahkan produksi chipset Snapdragon dari Samsung ke Taiwanese Semiconductor manufacturing company (TSMC).

Namun laporan terbaru, Samsung kembali mendapatkan kepercayaan dari Qualcomm. Terutama untuk chipset baru Snapdragon mendatang.

Saat ini, Qualcomm Snapdragon 855 dipercayakan produksinya kepada TSMC. Namun menurut Gizmochina, mulai Snapdragon 865 nanti kemungkinan bakal dipercayakan kepada Samsung.

Menurut Digitimes Taiwan, produksi chipset baru Snapdragon 865 tersebut bakal dimulai pada akhir 2019 ini. Chipset ini akan diproduksi dengan proses fabrikasi 7 nm EUV.

Qualcomm Snapdragon 865 ini menjadi chipset pertama yang diproduksi Samsung dengan teknologi 7 nm EUV. Chipset Qualcomm terakhir yang diproduksi Samsung adalah Snapdragon 845 dengan proses 10 nm.

Di 2018 kemarin, TSMC mampu melampaui Samsung dengan fabrikasi 7 nm. Sehingga Qualcomm mempercayakan Snapdragon 855 kepada perusahaan Taiwan tersebut.

Menariknya, proses fabrikasi 7 nm EUV dari Samsung dianggap lebih kompetitif dibandingkan TSMC 7 nm. Hal ini dibuktikan dengan penggarapan Exynos AP yang diduga akan dipakai untuk Samsung Galaxy Note 10 nanti.

Chipset Qualcomm Snapdragon 855. (Asus)
Chipset Qualcomm Snapdragon 855. (Asus)

 

Namun menurut laporan lainnya, pemindahan produksi ini masih dalam tahap negosiasi. Qualcomm masih belum mengambil keputusan untuk Snapdragon 865.

Bahkan kemungkinan chipset Snapdragon 865 baru menampakkan diri ke publik pada 2020 mendatang. Apakah Qualcomm akan mempercayakan produksinya ke Samsung?

Terlepas dari Qualcomm Snapdragon 865, fabrikasi 7 nm dari Samsung nampaknya menarik perhatian Nvidia, IBM, Apple, bahkan Huawei untuk berpaling dari TSMC.

Terkait

Terkini