Jum'at, 06 Desember 2019

Yuk Move On, Ini 5 Tanda iPhone Kamu Sudah Waktunya Ganti Baru

Masih bertahan dengan iPhone jadul kamu?

Agung Pratnyawan
Apple iPhone XS Max. (Pakutaso)
Apple iPhone XS Max. (Pakutaso)

Hitekno.com - Banyak yang memilih iPhone sebagai smartphone andalan mereka. Bukan sekadar prestise, iPhone juga sangat bisa diandalkan dari berbagai macam sisi.

Dari sistem operasi iOS yang ketat menjaga keamanan dan selektif memilih aplikasi untuk bisa ditempatkan di store. Juga Apple yang rajin memberikan update sistem operasi.

Bahkan Apple juga dikenal memberikan dukungan yang panjang. Apple juga memberikan update iOS terbaru kepada smartphone iPhone yang berumur cukup tua.

Kamera iPhone juga dikenal memiliki kualitas tinggi. Juga dukungan software dan optimalisasi aplikasi kamera. Tak ketinggalan material body iPhone yang pasti premium.

Meski begitu, tak selama iPhone kamu bisa selalu diandalkan. Ada waktunya kamu harus mengganti smartphone iPhone kamu dengan versi yang lebih baru.

Kapan waktu yang tepat ganti iPhone baru? Berikut ini tanda-tanda iPhone kamu sudah perlu diganti ke versi yang lebih baru.

1. Tidak dapat update iOS terbaru

Sistem operasi iOS 13. (Apple)
Sistem operasi iOS 13. (Apple)

 

Meski memberikan dukungan jangka panjang, namun tidak semua iPhone akan mendapatkan update iOS terbaru. Beberapa iPhone lama tidak lagi mendapatkan update.

Seperti iOS 13 yang dikenalkan dalam WWDC 2019, iPhone tertua yang didukung adalah iPhone 6s, iPhone 6s Plus, dan iPhone SE.

Jika kamu masih memakai iPhone yang lebih tua, tidak akan merasakan iOS 13. Seperti iPhone 6 dan iPhone 5s yang sebaiknya ganti versi lebih muda lagi.

2. Mulai tidak kompatibel dengan aplikasi

Ilustrasi iPhone 5. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)
Ilustrasi iPhone 5. (HiTekno.com/Dinar Surya Oktarini)

 

Dampak tidak dapat update iOS baru bukan hanya soal fitur, namun dukungan aplikasi. Pihak pengembang aplikasi juga pastinya lebih mengutamakan iPhone dengan iOS terbaru.

Tidak heran jika aplikasi tidak lagi memberikan dukungan ke iOS versi lama. Bahkan beberapa aplikasi baru hanya dihadirkan ke iOS terbaru.

3. Berkali-kali ganti komponen (terutama baterai)

Baterai iPhone. (iFixit)
Baterai iPhone. (iFixit)

 

Service atau perbaikan iPhone tidaklah murah, apalagi harus mengganti komponen. Terutama baterai yang sering membengkak hingga harus ganti baru.

Dari uang hingga waktu akan terkorbankan untuk ganti komponen. Daripada terus-terusan mengeluarkan uang untuk ganti komponen, kenapa tidak ganti iPhone baru saja?

4. Susah cari aksesori

Konektor 30 Pin yang dipakai iPhone 4. (Geardo)
Konektor 30 Pin yang dipakai iPhone 4. (Geardo)

 

Sama seperti aplikasi, produsen aksesori pastinya lebih mengincar iPhone baru. Makin lama, iPhone jadul makin susah untuk mencari aksesori.

Misalnya para pengguna iPhone 4 mulai kesusahan cari kabel dock dengan 30 pin konektor. Bisa jadi iPhone kamu sekarang akan susah cari aksesori juga.

5. Tak puas dengan kameranya

Kamera belakang iPhone. (Apple)
Kamera belakang iPhone. (Apple)

 

Kamera jadi salah satu andalan iPhone. Namun makin lama iPhone baru membawa kamera yang lebih baik lagi. Belum lagi smartphone Android makin banyak yang punya kamera bagus.

Jika saat ini sudah tidak puas dengan foto yang dihasilkan kamera iPhone kamu, saatnya untuk mencoba kamera iPhone yang lebih muda.

Itulah 5 tanda iPhone kamu harus diganti dengan versi yang lebih baru. Sudah siap beli iPhone baru? Lebih baik kamu menabung dari sekarang.

Terkait

Terkini