Minggu, 16 Juni 2019

Diam-diam, Microsoft Hapus Laptop Huawei dari Web

Microsoft diam-diam menghapus daftar untuk laptop Huawei dari Microsoft Store.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Huawei MateBook X Pro. (Huawei)

Hitekno.com - Bukan smartphone Huawei yang jadi susah, namun juga laptop mereka. Diam-diam, Microsoft hapus laptop huawei dari Microsoft Store.

Seperti beritakan sebelumnya, Microsoft juga ikut memutuskan kerja sama dengan Huawei. Keputusan yang sama dilakukan oleh Google, Intel, Qualcomm, dan Broadcom.

Sebelumnya, Microsoft tidak memiliki tanggapan apapun mengenai perintah Presiden Trump atas larangan Huawei. Perusahaan itu pun tidak memberikan komentar apakah Huawei tidak akan lagi mendapatkan lisensi Windows.

MateBook X Pro milik Huawei merupakan salah satu laptop Windows terbaik yang tersedia saat ini di Amerika Serikat dan mampu bersaing dengan Apple MacBook pro, HP Spectre x360, atau bahkan jajaran Surface milik Microsoft.

Namun, tanpa adanya lisensi Windows, laptop Huawei tersebut tidak lagi menjadi alternatif yang layak.

Huawei MateBook X Pro. (Huawei)
Huawei MateBook X Pro. (Huawei)

 

Dilansir dari The Verge, daftar untuk MateBook X Pro menghilang secara misterius di Microsoft Store. Pengguna tidak akan menemukan apapun ketika mencari perangkat keras Huawei dalam situs web toko Microsoft.

Potensi pelarangan Windows dari Microsoft juga dapat memengaruhi solusi server Huawei. Meski begitu, Huawei mengaku telah mempersiapkan diri dengan mengembangkan sistem operasi sendiri pengganti Android dan Windows untuk berjaga-jaga.

Walaupun belum bisa dipastikan seberapa baik sistem operasi tersebut dikembangkan.

Namun, eksekutif Huawei Richard Yu sempat mengungkapkan bahwa pihaknya lebih suka bekerja dengan ekosistem Google dan Microsoft.

Jika laptop Huawei saja sudah dihapus dari Microsoft Store, selanjutnya apa lagi nih? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini