Sabtu, 14 Desember 2019

Melebihi Ekspektasi, Penjualan Xiaomi Melonjak di Kuartal Pertama 2019

Kuartal pertama 2019, Xiaomi berhasil mencetak penjualan yang membanggakan.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta
Logo Xiaomi. (twitter/xiaomi)
Logo Xiaomi. (twitter/xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi langsung menggebrak pasar di kuartal pertama 2019 dengan 2 smartphone andalan yaitu Mi 9 dan Redmi Note 7 series. Berkat penjualan yang yang melebihi ekspektasi dari merek induk perusahaan serta mantan submerek mereka, Xiaomi berhasil mencetak hasil membanggakan.

Dalam keterangan di blog resminya, pada tanggal 31 Maret 2019, pengiriman smartphone Redmi Note 7 series telah melebihi 4 juta unit.

Smartphone flagship mereka, Xiaomi Mi 9 juga telah membukukan penjualan lebih dari 1,5 juta unit pada kuartal pertama 2019.

Menurut riset IDC, pengiriman smartphone Xiaomi pada kuartal pertama 2019 mencapai 27,9 juta unit. Angka di atas mengantarkan Xiaomi menduduki peringkat keempat secara global.

Berkat penjualan yang cukup solid di luar pasar domestik China, Xiaomi mencatatkan pendapatan sebesar 43,8 miliar yuan atau Rp 91,7 triliun.

Xiaomi Mi 9. (Xiaomi China)
Xiaomi Mi 9. (Xiaomi China)

 

Itu merupakan peningkatan pendapatan sebesar 27 persen jika dibandingkan dengan kuartal pertama 2018.

Bahkan angka tersebut 1,7 miliar yuan lebih tinggi jika dibandingkan dengan perkiraan pendapatan sebelumnya sebesar 42,1 miliar yuan atau Rp 88,2 triliun.

Laba bersih yang diterima Xiaomi adalah sebesar 2,1 miliar yuan atau Rp 4,4 triliun. 

Dikutip dari GSM Arena, Xiaomi diketahui berhasil menjadi ''raja'' di India. Mereka berhasil memimpin pada posisi penjualan teratas d India selama 7 kuartal berturut-turut.

Xiaomi Redmi Note 7. (mi.co.id)
Xiaomi Redmi Note 7. (mi.co.id)

 

Xiaomi juga berhasil masuk di peringkat 4 besar di pasar Eropa Barat dengan pertumbuhan pengiriman sebesar 115 persen YoY (Year over Year).

Pengguna MIUI global saat ini bahkan mencapai 260 juta dengan peningkatan 37 persen YoY.

Selain bisnis smartphone, lini bisnis Xiaomi lainnya juga meningkat pesat. Perangkat IoT Xiaomi berhasil terjual 171 unit dengan peningkatan 70 persen YoY.

Atas hasil penjualan smartphone Xiaomi yang membanggakan di kuartal pertama 2019, tentunya para kompetitor harus semakin mewaspadainya.

Terkait

Terkini