Senin, 16 September 2019

Asyik! Fitur Scrolling Screenshots Direncanakan Hadir ke Android R

Kabar Scrolling Screenshots ini diungkapkan petinggi engineering Android.

Agung Pratnyawan
cover_caption
Ilustrasi Android. (pixabay/andrekheren)

Hitekno.com - Sistem operasi Android Q belum resmi rilis, rencana Android R malah sudah mulai didengungkan. Salah satunya kehadiran scrolling screenshots ke versi baru Android tersebut.

Scrolling Screenshots sendiri adalah kemampuan untuk mengambil gambar dari layar sepanjang pengguna melakukan scrolling ke bawah.

Kemampuan Scrolling Screenshots ini baru bisa didapatkan dari aplikasi tambahan. Ada pula pabrikan yang menambahkan fitur tersebut di kostumisasi Android versi mereka.

Pabrikan seperti Huawei, Samsung, dan Xiaomi juga telah memiliki fitur seperti ini. Belum lagi dari aplikasi pihak ketiga yang bisa membuat Scrolling Screenshots.

Nantinya Scrolling Screenshots direncanakan hadir menjadi fitur bawaan Android. Hal ini diungkap sendiri oleh Dave Burke, VP Engineering Andoid di Google.

Fitur Scrolling Screenshots hadir ke Android R. (Twitter/ @davey_burke)
Fitur Scrolling Screenshots hadir ke Android R. (Twitter/ @davey_burke)

 

''Kami telah menambahkan tangkapan layar yang dapat digulir ke untuk Android R dan mudah-mudahan dapat mendarat di rilis itu.'' tulis Dave Burke melalui akun Twitter @davey_burke.

Namun sayangnya bukan ke Android Q yang akan meluncur 2019 ini. Melainkan direncanakan untuk hadir ke Android R sebagai penerus Android Q.

Pihak Google sebagai pemegang kendali pengembangan Android sendiri belum mengkonfirmasi kehadiran fitur ini ke Android R. Karena saat ini Android Q saja masih tahap beta.

Kita nantikan saja, apakah Google bakal memasukkan fitur Scrolling Screenshots ini ke Android R nanti? Dan fitur apa lainnya yang bisa hadir ke Android?

Terkait

Terkini