Jum'at, 27 November 2020

Mau Merasakan Android Q Beta, Begini Caranya

Untuk beberapa smartphone, Android Q beta bisa dicoba.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Dark mode Android Q. (twitter/Google)
Dark mode Android Q. (twitter/Google)

Hitekno.com - Google telah mengenalkan versi terbaru sistem operasi Android. Pasti Android Q beta ini menarik perhatian banyak orang untuk mencobanya.

Android Q beta kini tersedia dan dapat diunduh pada perangkat Google Pixel dan 15 smartphone lainnya. Versi Android ini membawa sejumlah pembaruan terbaru, termasuk Tema Gelap dan beberapa kontrol gerakan baru.

Smartphone lainnya yang memiliki ketersedian untuk menjajal Android Q beta adalah Asus Zenfone 5Z, Essential PH-1, Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, OnePlus 6T, Oppo Reno, realme 3 Pro, Sony Xperia XZ3, Tecno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi Mix 3 5G, dan Xiaomi Mi 9.

Proses instalasi untuk sistem operasi baru ini cukup mudah, tetapi jika pengguna mengalami masalah dan ingin menjalankan kembali versi Android 9 Pie, pengguna harus memformat ulang smartphone.

Dilansir dari The Verge, berikut ini cara menginstal Android Q beta:

1. Cadangkan smartphone

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

 

Sangat penting untuk memastikan seluruh data di dalam smartphone telah dicadangkan. Sebelum memulai, pengguna dapat membuka menu Pengaturan > Sistem > Cadangkan > lalu klik Cadangkan.

Proses pencadangan mungkin akan memakan waktu yang cukup lama. Namun, perlu diingat bahwa Google mengatakan bahwa bahkan ketika pengguna telah mencadangkan data, kesalahan masih bisa teejadi ketika pengguna kembali ke versi Android sebelumnya.

Oleh karena itu, ada kemungkinan segala data yang dipulihkan nanti tidak akan sama persis.

2. Mendaftar di beta

Android. (droidlessons)
Android. (droidlessons)

 

Sebelum mendaftar, pengguna harus membuka kunci bootloader ponsel. Jika pengguna bukan tipe yang ingin membuka kunci bootloader, disarankan untuk tidak melakukan pembaruan beta.

Google mengizinkan pemilik smartphone Pixel untuk mendaftar di web resmi Google Android Q beta. Cukup masuk dengan akun Google lalu memilih perangkat yang kompatibel yang ingin diinstal beta.

Setelah mengklik "Daftarkan", pengguna akan mendapatkan notifikasi pembaruan pada perangkat yang terdaftar bahwa pembaruan sistem telah siap diinstal.

Saat pratinjau pengembang Android Q keluar, pengguna akan mendapatkan notifikasi unruk menginstalnya. Selanjutnya, cara kerjanya serupa ketika pengguna melakukan pembaruan sistem reguler.

Apa kamu juga minat mencoba sistem operasi Android Q beta ini? Langsung saja cobain.  (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini