Minggu, 16 Juni 2019

Xiaomi Rilis Tempat Sampah Pintar Harga Rp 200 Ribuan, Ini Keunggulannya

Kenapa tempat sampah saja harus pintar?

Agung Pratnyawan
cover_caption
Tempat sampah pintar Xiaomi. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi bukan hanya memproduksi smartphone, namun juga berbagai macam produk rumah tangga. Termasuk tempat sampah pintar yang canggih.

Tempat sampah pintar Xiaomi ini bernama Ninestars Smart. Dan ini bukan pertama kalinya Xiaomi meluncurkan tempat sampah pintar.

Xiaomi meluncurkan Ninestars Smart ini dengan harga 129 yuan atau sekitar Rp 271 ribu. Sayangnya saat ini tempat sampah pintar ini baru tersedia di China saja.

Dengan harga yang tak murah itu, apa keunggulan dari tempat sampah Xiaomi ini? Kenapa tempat sampah saja harus pintar? Apa bedaya dengan tempat sampah biasa?

Tentunya, Xiaomi membekali tempat sampah pintar ini dengan berbagai kecanggihan untuk membantu pemiliknya. Tidak hanya bisa menyimpan sampah agar tidak berantakan saja.

Tempat sampah pintar Xiaomi. (Xiaomi)
Tempat sampah pintar Xiaomi. (Xiaomi)

 

Tempat sampah dengan kapasitas 10 liter ini berbahankan ABS yang dilengkapi penyegel. Dengan ini, akan menjaga agar bau dari sampah di dalamnya tidak tersebar ke mana-mana.

Untuk membuka dan menutup tempat sampah pintar ini mengandalkan motor elektrik. Motor ini dapat membuka dan menutup dengan sangat perlahan dan senyap.

Selain itu juga bisa mendeteksi secara otomatis jika ada tangan di atasnya yang hendak membuang sampah. Secara otomatis akan membuka penutupnya.

Begitu pula setelah sampah masuk dan tangan tak lagi di atas tempat sampah ini, motor tersebut akan secara otomatis menutup.

Menariknya, tempat sampah pintar Xiaomi ini tidak akan mau membuka penutupnya jika tangan kamu kosong. Ninestars Smart ini cerdas mendeteksi kamu ingin buang sampah atau tidak.

Tempat sampah pintar Xiaomi. (Xiaomi)
Tempat sampah pintar Xiaomi. (Xiaomi)

 

Cara ini dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri karena sampah di dalamnya. Karena itu Ninestars Smart akan selalu menjaga rapat-rapat agar tidak terbuka dengan tidak sengaja.

Pastinya Ninestars Smart ini membutuhkan baterai untuk beroperasi. Menurut Gizmochina, Xiaomi mengklaim baterai nya dapat bertahan hingga 6 bulan.

Namun jika memakai baterai bertipe alkaline, tempat sampah pintar Xiaomi ini dapat beroperasi hingga 17 bulan lamanya. Tempat sampah pintar ini memang irit baterai.

Namun sayangnya, Xiaomi tidak melengkapi fitur pengemasan dan penggantian plastik sampah secara otomatis. Padahal fitur ini sudah tersedia di versi sebelumnya.

Meski tempat sampah pintar Xiaomi ini masih tersedia di China, tidak menutup kemungkinan ada yang membawa Ninestars Smart ke pasar global.

Terkait

Terkini