Selasa, 21 Mei 2019

Jelang Ramadan, Google Duo Rilis 4 Fitur Baru

Yuk intip apa empat fitur baru dari Google Duo.

Dinar Surya Oktarini
cover_caption
Google Duo. (Shutterstock)

Hitekno.com - Bulan Ramadan tinggal menghitung jari, kali ini jelang Ramadan Google kembali berinovasi melalui layanan video call Google Duo dengan merilis empat fitur baru

Keempat fitur baru Google Duo tersebut adalah Group Video Call, Data Saving Mode, Duo for Web, dan Video Message.

Dilansir dari Suara.com, "Kami memahami betapa pentingnya bagi pengguna di Indonesia memiliki pengalaman video call pada momen-momen spesial, seperti Ramadhan. Video call komunikasinya lebih bermakna karena bisa memperlihatkan ekspresi. Oleh karena itu, empat fitur baru Google Duo ini diharapkan bisa menambah kesan untuk momen tersebut," kata Fibriyani Elastria, Head of Consumer Marketing Google Indonesia di kawasan SCBD Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Secara terpisah, Humberto Castaneda selaku Product Manager Google Duo memberikan pemaparan singkat mengenai keempat fitur tersebut.

Group Video Call

Indonesia menjadi salah satu negara yang pertama menerima pembaruan group video call, selain Kolombia dan Peru. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengundang tiga orang lainnya untuk bergabung dalam sebuah percakapan video.

Untuk saat ini, group video call hanya bisa dinikmati oleh empat orang saja (termasuk pembuat grup) dan sudah bisa dinikmati di perangkat berbasis Android dan iOS. Ke depannya, Google akan memaksimalkan jumlah percapakapan video dalam satu grup menjadi delapan orang.

Data Saving Mode

Google menyadari bahwa koneksi internet di negara-negara berkembang tidak sebaik di negara maju. Oleh karena itu, Google membuat fitur data saving mode untuk mengatasi masalah tersebut.

Fitur baru Google Duo. [Suara.com/Tivan Rahmat]
Fitur baru Google Duo. [Suara.com/Tivan Rahmat]

 

Menurut Humberto, fitur ini prinsipnya seperti YouTube Go, guna mengontrol penggunaan data yang lebih efisien. Imbasnya, resolusi gambar saat video call berlangsung sedikit turun, namun jauh dari kata lag atau delay.

Di sisi lain, turunnya resolusi gambar juga menghemat pemakaian konsumsi data hingga 40 persen. Fitur ini sendiri hanya tersedia di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia.

Duo for Web

Video call via Google Duo kini juga bisa diakses via perangkat lainnya, seperti laptop dan PC Desktop.

Caranya, pengguna cukup mengetik duo.google.com, kemudian masukan nomor telepon dan kode OTP yang didapat dari SMS pada browser. Sisanya, pengguna sudah bisa melakukan panggilan video.

Perlu dicatat, platform browser yang bisa dipakai untuk fitur ini adalah Google Chrome dan Firefox.

Message Video

Menurut Humberto, fitur ini mudah digunakan karena pengguna tinggal merekam dan mengirim.

Pengguna bisa membuat rekaman video terlebih dahulu, mengeditnya dengan penambahan teks dan doodle, lalu mengirimnya ke orang yang sudah terdaftar di buku telepon pengguna (yang sudah punya aplikasi Google Duo juga).

Ke depannya, Google akan terus berinovasi untuk memberikan solusi yang relevan bagi penggunanya.

"Dengan adanya fitur ini, semoga kita bisa memfasilitasi pengguna. Intinya, kami fokus untuk memberikan solusi dan layanan terbaik untuk mereka," tambah Fibriyani.(Suara.com/Tivan Rahmat)

Terkait

Terkini