Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 09 April 2019 | 20:15 WIB

Hitekno.com - Bisakah sistem operasi Windows 10 berjalan di smartphone Android? Jawabannya bisa, namun tidaklah mudah membuat Windows 10 jalan di smartphone Android.

Dua sistem operasi ini berbasiskan arsitektur yang berbeda. Windows 10 berdasarkan arsitektur x86, sedangkan Android berbasiskan arsitektur ARM.

Tak semudah itu mengubah sebuah sistem operasi dari satu arsitektur ke arsitektur yang lain. Dibutuhkan usaha keras untuk bisa melakukannya.

Apalagi Windows 10 yang dipakai adalah sistem operasi untuk PC desktop bukan Windows versi mobile seperti Windows Phone yang dulu pernah ada.

Namun seorang enthusiasm asal Belanda, @NTAuthority berhasil mengkonversikan Windows 10 untuk berjalan di smartphone Android.

OnePlus 6T. (OnePlus)

 

Melalui akun Twitternya, @NTAuthority membagikan berbagai percobaannya untuk membuat Windows 10 bisa berjalan di smartphone Android.

Ia pun mencoba untuk beberapa smartphone Android, dari Google Pixel 3 XL hingga OnePlus 6T. Dan bukan hal yang mudah untuk mewujudkannya.

Di awal ia sering mengalami blue screen (error yang membuat sistem crash) di OnePlus 6T. Namun setelah mencobanya lagi akhirnya bisa lebih stabil.

Berikut ini beberapa penampakan sistem operasi Windows 10 yang berjalan di smartphone Android dari Google Pixel 3 dan OnePlus 6.

Blue Screen Windows 10 di smartphone Android

Windows 10 blue screen di Smartphone Android. (Twitter/ @NTAuthority)

 

Menjalankan browser Chrome versi desktop di smartphone Android

Windows 10 jalan di Smartphone Android. (Twitter/ @NTAuthority)

 

Task Manager Widnows 10 masih kesulitan mengenali pemakaian resource hardware

Windows 10 jalan di Smartphone Android. (Twitter/ @NTAuthority)

 

Command Prompt pun bisa dijalankan

Windows 10 jalan di Smartphone Android. (Twitter/ @NTAuthority)

 

Windows 10 bisa berjalan cukup lancar di OnePlus 6T

Percobaan Windows 10 di Google Pixel 3 XL

Ketika Windows 10 mulai bisa mengenali pemakaian resource di smartphone Android

Itulah usaha keras untuk bisa menjalankan sistem operasi Windows 10 ke smartphone Android secara lancar. Berminat menjajalnya juga?

BACA SELANJUTNYA

Pakai ARM, Chip Baru Apple Diduga Tak Bisa Jalankan Windows Lewat Boot Camp