Rabu, 05 Agustus 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 01 April 2019 | 09:30 WIB

Hitekno.com - Oppo telah memamerkan kamera periskop yang mampu melakukan optical zoom hingga 10x. Kabar terbarunya, sistem kamera ini bakal disematkan pada smartphone Oppo Reno terbaru.

Bagaimana sistem kerja kamera periskop yang memungkinkan mekanisme zoom ini pasti menarik perhatian. Terlebih lagi belum bayak produsen yang sudah memakai teknologi ini.

Selain Oppo, baru Huawei P30 Pro yang telah disematkan teknologi serupa. Seperti apa sih isi dari kamera periskop seperti ini?

Sebuah video yang menampilkan seperti apa jeroan kamera periskop milik Oppo Reni ini muncul di media sosial China, Weibo.

Video yang diunggah ulang ke YouTube ini mengungkap seperti apa modul kamera smartphone tersebut. Yang ternyata banyak bagian menarik terungkap dalam video ini.

Modul kamera Oppo Reno. (YouTube/ Sparrows News)

 

Modul kamera smartphone ini sendiri terdiri dari tiga sub-modul kamera. Dua di bagian atas, seperti selayaknya modul dual kamera pada smartphone.

Bagian paling menarik ada di bagian bawahnya, ada satu modul yang melintang ke samping. Modul ini adalah kamera persikop dengan kemampuan 10 x optical zoom tersebut.

Bentuk menyamping ini memberikan ruang untuk memberikan kelegaan untuk menaruk lensa, terutama untuk lensa telephoto.

Modul ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu sensor, lensa dan prisma. Untuk prisma ini sendiri digunakan sebagai pemantul seperti selayaknya periskop.

Modul kamera Oppo Reno. (YouTube/ Sparrows News)

 

Menariknya lagi, prisma tersebut tidaklah berdiam diri saja. Karena terhubung dengan magnetic koil yang memungkinkan untuk melakukan beberapa gerakan.

Tujuannya adalah menstabilkan gambar yang ditangkap seperti selayaknya optical image stabilization. Dengan ini baik foto maupun video akan tertangkap dengan lebih stabil.

Lebih jelasnya, berikut ini video pembongkaran modul kamera periskop milik smartphone Oppo Reno.

Smartphone perdana Oppo Reno Sendiri direncanakan untuk diungkap pada April 2019. Masih banyak hal tersembunyi dari smartphone ini.

Kita tunggu saja seperti apa nantinya smartphone Oppo Reno dengan kamera persikop yang mampu melakukan 10x optical zoom ini.

BACA SELANJUTNYA

Huawei Mate 30 Pro 5G Jadi Kamera Smartphone Terbaik, iPhone 11 Pro Kalah